Enaknya jadi management trainee

group-businesspeople“Wah, disini enak, mbak. Ga usah mikirin kost, ga perlu bingung nyari tempat makan yang sesuai dengan budget, dan ga perlu capek-capek nyuci sepulang kantor. Semua sudah disediakan perusahaan. Tidur di mess, kamar ber-AC. Makan disediakan 3 x sehari. Dari mess ke kantor selalu antar jemput mini bus perusahaan. Salary-nya turah-turah (baca:sisa-red) untuk ukuran single, sebulan aku bisa saving 2,5 juta lho. Malah dua minggu ini beratku udah naik 2 kilo, mbak. ”

*Cerita MT sebuah perusahaan kontraktor tambang berkantor pusat di Jakarta

Program Management Trainee/MT (ODP-nya Bank Mandiri, EDP-nya BCA, PPE-nya Bank Niaga, atau PCPM-nya BI) biasanya selalu menarik bagi para fresh graduate karena program tersebut menawarkan fast-track jika dibandingkan melalui career path standar.

Misalnya, untuk menduduki posisi supervisor, seorang karyawan membutuhkan waktu hingga 9 tahun. Namun melalui program MT, seseorang bisa meraihnya dalam 1 hingga 2 tahun saja.

Tentu saja untuk mengikuti program ini harus melalui jalur khusus. Dalam proses rekrutmen, syaratnya pun jauh lebih ketat dibandingkan untuk posisi staf biasa. Misalnya, dari segi IPK diatas 3.00, memiliki jiwa kepemimpinan dan kemampuan komunikasi yang baik, serta berpengalaman dalam organisasi.

Tujuan program ini adalah kaderisasi, yaitu menyiapkan next leader untuk perusahaan. Para trainee adalah orang-orang pilihan dengan misi khusus dan harus mengalami masa rotasi.  Lamanya bervariasi, ada yang enam bulan dan ada yang satu tahun.

Selama masa ini para trainee akan dirotasi ke semua bagian yang ada. Di setiap bagian mereka belajar dan biasanya pada akhir periode mereka harus membuat laporan dan rekomendasi apa yang menurut mereka dapat diperbaiki di bagian tersebut.

Pandangan para trainee ini biasanya lebih objektif karena mereka belum lama terlibat dan tidak memiliki kepentingan apapun terhadap apa yang mereka usulkan.

Ada yang mau memberi tambahan?

About these ads

44 Tanggapan to “Enaknya jadi management trainee”

  1. Sonny Says:

    cerita temennya itu waktu ODP dimana ya mbak? bisa dishare jg gk disini?

  2. edratna Says:

    Menjadi MT memang enak, apalagi punya gaji dan belum menikah (biasanya boleh menikah setelah lulus pendidikan).

    Tapi mesti belajar dan ujian terus menerus, dan saat job training (atau magang) tiap bulan ada tugas buat paper hasil job training, laporan, evaluasi…dan sistem gugur. Enaknya biasanya diasramakan, ada acara piknik tiap bulan..jadi belajar dan bekerja. Karirnya juga melesat, asalkan lulus semua tahap…dan bisa bermimpi nantinya akan menjadi salah seorang Direktur, entah berapa tahun kemudian, atau minimal menduduki posisis General Manager.

  3. didi Says:

    jadi MT emang kayae jd impian smua sarjana fresh grad…
    moga impian ini bisa jd kenyataan, bagiq …amiin.
    tp, biasanya sampe umur brapa ya bs ikut MT/MDP/EDP dsb?
    kalo masa studi terlalu lama gmn, otomatis umur kan jg ngaruh??
    trus qta gak terlalu aktif di org kampus, cuman sbg anggota aja misalnya..gmn?

  4. sanggita Says:

    Didi, biasanya usia maksimal 24 tahun. CMIIW

    Masa studi yang terlalu lama tentu akan ditanyakan sebabnya ketika interview HRD. Carilah jawaban yang paling bijak tetapi bukan mencari-cari alasan ya.

    Penilaian bahwa seseorang itu layak menjadi MT atau tidak sebenarnya bukan hanya karena apakah orang tersebut aktif di organisasi atau tidak. Ada beberapa dimensi yang dinilai. Insyaallah saya akan menulis tentang ini.

  5. ki gusti Says:

    kira2 jawaban bijakny seperti apa y mbak, soalny kmrin sy dpt pnggilan dan dia menanyakan ttg selama 1 thun sy mnganggur , mbak minta tips2 jawaban yg tepat mbak ^^

  6. Eliansyah Says:

    met pagi mba,,,sekarang ku lagi magang di PT Buma..nah untuk buat laporan magang tentunya perlu sedikit mengetahui latar belakang perusahaan mba,,boleh gak minta artikel tentang PT buma…

    thanks

  7. presy__L Says:

    makasih ya mba atas postingannya.
    kirain selama ini jadi management trainee itu krn ga ada lowongan yg pas buat kita, jadi semua kerjaan dikerjain :D

  8. RE Says:

    AQ lg ada lowongan nie managemen trainee kfc, kayanya boleh jg tu dicoba, thx y mbk:)

  9. atik Says:

    jam 2 tar interview lowg MT d Pt. surya……, lolos gak ya???? pdhal gak pnh tau menau soal MT, baru aja cari2 info ttg MT..

  10. Rein Says:

    dengar2 dari jurusan teknik juga dicari y untuk posisi ini., benarkah hal itu mbak? atau cuman sekedar rumor dari teman2 saya saja.,
    hehehe., kalau benar, alasannya apa y? apakah para lulusan teknik bisa lebih objektif dalam melihat sesuatu., :D

    thanks yah mbak.,

  11. mala Says:

    td’nya semangat qu dah hmpr rontok, 5 bln jd mt ngerasa gak jelas tujuannya… kerjanya yg berat karna slalu dirotasi dan harus bs cepat adaptasi dilingkungan kerja yg baru mulai ngebebani hari2 kerja qu. Tapi stelah baca beberapa artikel tentang mt thnx god i’ve got my spirit back!!! Hidupp MT hehehe apapun pasti qu jlnkan asal prospek kdpn’nya jelas!!!

  12. henny Says:

    Sekedar sharing,
    biasanya MT itu diperuntukkan bagi para fresh graduate yg belum tahu akan bidang atau minat yang nantinya digeluti, karena banyak para lulusan universitas yang bekerja tidak sesuai dengan jurusan yang diambil pada saat kuliah. contohnya para sarjana peternakan atau perikanan yang akhirnya terjun ke dunia perbankan atau broadcasting… ya itu lah hidup..:D

  13. geafry Says:

    Soal gaji n fasilitas MT cenderung relatif.. tergantung perusahaan yang kita lamar. MT juga tidak selalu fresh graduate, ada juga yang berpengalaman kerja bertahun-tahun bisa jadi karena bidang kerja yang digeluti berbeda sehingga perusahaan menganggap perlu untuk memberikan Program MT. Umur juga tidak menjadi patokan, tergantung kebijakan perusahaan masing2, ini hanya share pengalaman pribadi aja.. CMIIW

  14. zazay Says:

    aq nanti ikut psikotest u’ MT moga2 lolos
    amien….

  15. bungnoer Says:

    aku jg lagi nunggu lowongan mt-mt yg lain nih, he2

  16. Faizal Says:

    Saya masih bingung. Kalo jadi management trainee itu digaji atau gmn sih??
    Itu kalo sudah diterima sebagai MT apa memang berat sekali kerjaannya??
    Thx

  17. Dunia aMe Says:

    Ane lagi nyoba ngelamar kerja MT, moga kerjanya gampang soalnya masih blm berpengalaman, he…he…

  18. Zaiki Khiriadi Says:

    ehm, sepertinya bisa ini untuk Tes Psikologis gratis?
    hehehe…. :-D

  19. arham Says:

    ulasan mengenai MT terlalu Buma bangat stylenya… realita diluar sana dialam yang lebih besar dan luas dari Buma bukan seperti itu mbak yu

  20. gunawan Says:

    Slmt siang…Hi semua saya bru aja dtrm sbgi MT. dan ada gaji yg ditawarkan dan sesuai dg yg perusahaan berikan jg. Untuk lulusan S1 lumayan sih pas lah gajinya. tp saya heran hari pertama interview ketika saya tnya berapa lm mulai presentasi??? dan dpt jawabanya pas 1 minggu harus mulai presentasi….. wah ternyata kerjaanya mensyurvay pekerjaan di semua bidang dan sudah sesuai atau belum. setelah itu presentasi hasil yang didapatkan selama kerja. Hah pusing otak gpp yg penting di kerja dan dpt gaji. dan kerjanya mirip saat buat skripsi sih….he,,he.

  21. Rachmadian Pratama Says:

    kalo boleh tau job desk MT apa y???

  22. momi Says:

    Ngapain kerja….!!!! Mending Usaha ndiri…merintis dari sekarang…… sebelum nanti kalian nyesel udah tua, pensiun, terima uang pensiun…
    Huuuuuuu.
    Inilah jiwa orang indo mau aja jadi kacung orang cina….ditipu kalian…..!!! dibodohi secara gak langsung.

  23. Andes Sony Says:

    askum… besok mw interview ni… mw nanya ni mbak? biasanya kalo interview untuk posisi MT bisanya yang ditanyai pewawancara mengenai apa aja itu mbak.. dan gmana cara menanggapinya… mksih wasaalam..

  24. imz Says:

    bwt mas/mba momi…
    itu jg jd impian banyak orang termasuk saya,,,tp untuk punya usaha sendiri sebagian orang butuh modal, nah modalnya itu d’dapet dr pekerjaan yg d’sediain dr orang lain, ga ada salahnya toh kita kerja dl biar dpt modal supaya bisa buka usaha sendiri dan nantinya jd lapangan kerja buat orang lain

  25. addin Says:

    Selamat siang semuanya, aku Adyn mahasiswa jurusan hukum, nah saya mau nanya nih, dr jurusan hukum pun bisa ya ngelamar di MT? dan aku mau tanya nanti saat interview itu aku ditanyakan apa saja dan untuk aku MT itu ga melenceng dari jurusan aku ga sih?
    Terimakasih.

  26. joni Says:

    saya mau interview dulu ya..

  27. Fian Says:

    ga ada angin, ga ada hujan, ga pernah kirim lamaran tau2 ada panggilan tuk MT. Padahal lagi ada kontrak di law firm, semoga menjadi hal yang baik :)

  28. fy Says:

    sama,, aku jg bsk dpanggil inmtrview buat MT di NK group int’l,rasanya ga prnh melamar jd MT,tu tau CVku dr mana jg ga tau,,Subhanallah bgt deh pokoknya klo ktrimma,aku siap utk cuti kuliah demi karier,doain ya tmn2,,

  29. Fahmi Says:

    yg sudah pernah merasakan interview MT boleh d share donk,, :-)

  30. Ary Permata Says:

    Kliatannya jd MT Mempunyai tantangan tersendiri ya, hari senin bsk ada panggilan utk psikotest di Panin Bank, brarti ga boleh di lewatkan ya ksempatan yg bsr ini….
    Thx jg Buat Share Kawan-kawan Smua..

  31. okta Says:

    maaf saya mau tanya,seandaina setelah kita selesai melaksnakan training di kantor pusat dari perusahaan slama 2,5 bulan bagaimana kinerja MT di kantor cabang?apa kita keliling nyari nasabahnya utk menawarkan semua yg harus dilaksanakan/melalui tlp/internet gt ?

  32. teguh Says:

    kira2 manaagement trainee itu ada sisitem gugurnya jg ya???
    jd ky ga jelas gt ya?

  33. qefy Says:

    Teguh : Kalau melihat komentarnya Bu Edratna diatas sistem gugur diberlakukan di Program MT. Tetapi kalau melihat komentar Pak Geafry diatas sistem program MT itu tergantung perusahaan yang kita lamar, bisa jadi tidak ada sistem gugur. Apapun semoga program MT ini benar-benar bisa menjadi solusi terbaik untuk perkembangan sebuah perusahaan. Amin…, salam kenal :)

  34. juan Says:

    klu interviu yg d tanyakan ap ja ya………..

  35. zazo Says:

    buat momi: jangan songong loe jadi orang. jadi pengusaha itu impian semua orang. tapi kalo gak kerja dulu apa km punya pengalaman buat buka usaha, dan mempelajari karakter seseorang. kerja itu bukan hanya mencari uang dan jadiburuh, tapi juga belajar jadi pribadi yg baik. memahami karakter seseorang. jadi kalo niat km gak baik gk usah coment di sini

  36. tyok Says:

    wa jadi penasaran tentang depskripsi pkerjaan seorang MT, ngelamar ass kebun dikaltim malah ditawari jadi MT, masih belum siap kayakN saya untuk MT, belum paham betul ttg MT itu apa dan gimana sepak terjangnya, tolong dong yang dah jd MT share… biar kerefres ni otak… hehehehe…

  37. Aswin Says:

    Assalamu Allaikum. dikit shearing yah kawan2,, sekarang aku udah sampai tahap medical check up Program MT di PT Indomobil,, katanya sih itu udah tahap akhir. Ternyata betul bangat tahap rekrutmen MT ketat bangat.. dari sekian bnyak yang ngelamar sekarang sisa 2 kandidat. bagi kawan2 yang baru mulai ikut seleksi,, nih aku saranin pertajam logika deh… & asah jiwa kepemimpinan nya :-) satu lagi kamu harus tau juga donk apa itu program MT n produk perusahaan yang kamu lamarr.

  38. Theo Says:

    gw baru dapet panggilaan jadi MT makasi soal pengetahuannya :)

  39. rio Says:

    senin ntar mau interview jadi MT,,,buta banget masalah MT…..ga tau apa2,,,gugup sebelum bertanding

  40. Zaelendra Blorasemarang Says:

    aku besok rabu tgl 15 jan 2014 psikotes di djarum.

  41. Zaidan Says:

    Alhamdulillah kemarin daftar MT diperusahaan Triputra group. Psikotes, Interview semuanya udah.Besok medical chek up lagi…. doa kan semoga lulus ya semuanya.
    dari gambaran yg diberikan perusahaan mirip dengan apa yg teman mbak katakan dibaris2 paling atas page ini.

  42. Fandi Putu Perdana (@Fandi_Pperdana) Says:

    hahaha, untuk yang gag suka jadi kacung orang, terus mau jadi apa kamu? Jadi Boss di Usaha Sendiri ya?? hahaha…boss macem kamu juga pasti nanti juga semena mena sama karyawannya kalo pmikirannya gitu. kita manusia saling membutuhkan kok, bekerja diniatinya untuk ibadah dan menjalin hubungan baik dengan sesama, gag cari musuh apalagi kalo sampeyan bercita cita duluan jadi kacung yang benci boss, hahaha,,, kasian sekali orang orang sperti itu.

  43. shanti Says:

    Mas Aswin keterima ga MT di PT Indomobil?
    Tadi sy barusan dpt tlp dari PT. Indomobil Finance.. katanya mereka dpt aplikasi lamaran dri jobstreet, padahal seingat sy, sy ga ada masukin aplikasi lamaran ke prshn tsb.
    Sy ditawarin utk ikt MT.. selasa depan diminta dtg utk tes psikotes.. share pengalamannya dong Mas Aswin soalnya bnr2 blank ttg MT.. trimss..

  44. frans Says:

    mw gbung juga nihh,,,
    saya baru saja selesai interview,,dan berhasil untuk posisi MT di PT.Sinar Antjol, dan untuk tes medical cek up nya jg dah selsai,,,mulai masuk tangl 02 juni…bagai maana ya untuk hari pertama nanti,,kira kira apa saja materi n pkerjaan yang akan diberikan, mohon diberikan masukan untuk teman yang sudah memiliki pengalaman di bidang MT. trima kasih


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: