Cara mengerjakan psikotes

psikotesDalam proses seleksi kerja, perusahaan sering menggunakan psikotes sebagai alat untuk mendapatkan gambaran mengenai kemampuan intelektual dan kepribadian kandidat karena diyakini sebagai alat yang cukup objektif untuk menilai apakah profil seseorang cocok mengisi posisi tertentu.

Rangkaian alat tes yang digunakan oleh setiap perusahaan bisa berbeda-beda, kurang lebih tergantung pada level jabatan dan tingkat pendidikannya.

Untuk tes yang menilai kemampuan intelektual, sifat tes tentu saja Benar-Salah. Contoh alat tes : CFIT, IST.

Ada juga alat tes yang bertujuan melihat ketekunan, keajegan kerja, dan daya tahan Anda dalam menghadapi tugas-tugas rutin. Anda akan diminta menghitung ratusan bahkan ribuan angka-angka, disinilah stamina dan kejernihan berpikir Anda diuji. Contoh : Pauli, Kraeplin.

Sedangkan alat tes yang bertujuan untuk memberikan gambaran kepribadian kandidat tidak ada yang benar atau salah.

Alat ini bisa berupa pertanyaan/pernyataan yang menggambarkan diri Anda (seperti DISC atau Papikostik) atau Anda diminta untuk menggambar sesuatu. Misalnya, wartegg test (8 kotak dengan simbol-simbol tidak bermakna), DAP (Draw a Person), dan menggambar pohon berkambium.

Yang seringkali terjadi, kandidat tidak jujur dalam mengerjakan tes. Bisa jadi faking-good karena merasa tidak aman – takut tidak lolos psikotes misalnya.

Kondisi ini bisa fatal karena seandainya diterima, perusahaan mendapatkan informasi yang salah dan menempatkan kandidat pada posisi yang tidak sesuai dengan kepribadiannya, tentu saja nantinya akan berpengaruh langsung pada kinerjanya.

Namun psikotes bukan satu-satunya alat untuk mengambil keputusan karena hasil psikotes akan di-probing dengan wawancara.

Berhubung saya terikat pada Kode Etik Psikologi, banyak hal yang belum bisa saya share disini. Misalnya, menampilkan gambar-gambar alat tes.

Jadi, kesimpulan tentang cara mengerjakan psikotes adalah kerjakan dengan jujur sesuai dengan yang Anda rasakan/yang paling menggambarkan diri Anda. Kondisi Anda harus fit dan tidak perlu stres atau panik ketika mengerjakan psikotes.

Semoga sukses.

71 Tanggapan to “Cara mengerjakan psikotes”

  1. Resi Bismo Says:

    wow, makasih atas infonya… berguna sekali nich, mayan dapet bocoran.

  2. Singal Says:

    terimakasih atas penjelasannya tambah ilmu.

  3. bangsat Says:

    welehhhh…judul ma isinya menipu…capek2 baca malah inget ma kode etik..sial

  4. sanggita Says:

    To (mas or mbak?) bangsat,

    Sebenarnya banyak hal yang ingin saya share tentang psikotes di thread ini. Kalo ada hal spesifik yang belum jelas, seperti ‘Apa sih maksud gambar pohon? Apa hubungannya sama cari kerja?’ Bisa langsung ditanyakan. Via blog ini atau pun email.

    TQ, semoga membantu dan tidak merasa tertipu lagi.

  5. minanube Says:

    waduh etika lagi :(

    tapi gak apa deh :D

  6. hyperventilated Says:

    Jadi, apa maksud gambar pohon, mbak? Apa hubungannya sama cari kerja? :)

    Gambar pohon merupakan – salah satunya – representasi dari id, ego, dan superego. Misalnya, pohon yang lebat daunnya akan diinterpretasikan berbeda dengan pohon tanpa daun.

    Hubungannya dengan cari kerja? Lebih ke forecast attitude jika kandidat diterima kerja. Jika kualifikasinya tidak sesuai, dikhawatirkan kurang perform dan dapat mengganggu kinerja timnya. Gitu…

  7. Dita Says:

    Lam knal mbak, aq ud beberapa x ikt psikotes tp g lulus, hiks..

    Salam kenal juga. Pengen crita? Silahkan kalo mau lewat imel lho

  8. aribicara Says:

    Waduw … ak lom pernah Ngikutin test :D

    Makasih ya info dan triknya :D

    Salam :)

    Semoga bermanfaat kalo mau nyari kerja nanti. Eh, tertarik jadi karyawan ndak? Kalo engga, mending jadi bos aja, Mas hehe

  9. kecrexz Says:

    sunggu membantu
    thenk kyu perymuch….

    Sip

  10. ari Says:

    trus apa donk maksud gambar pohon ama kunci untuk wartegg test itu

  11. saliss Says:

    mbak… blh minta info list alt tes??
    mw platian nih…
    bgung cari dmana lgi…

    —–
    Oke, kita japri aja ya. :D

  12. mira Says:

    wah… mbak..
    jujur aku gak pernah lolos ama yg namanya psytst…
    lbh efektif wwncra kayaknya

  13. yaya Says:

    duh,,, emang lg butuh bgt nih info…

    makasih banyak ya mba’….
    =)

  14. Yunia Amelia Says:

    Mba sanggita, kenal, saya tertarik sekali sharing masalah psikologi, boleh ya mba:)

  15. Yunia Amelia Says:

    Hehehe..kurang ketikannya..salam kenal maksudnya:)
    saya nia dari Lampung..

  16. Seremonia Says:

    sekedar tambahan , bisa dong kalau mau coba tes kecenderungan di http://seremonia.net/personality/whoareyou/ semoga bermanfaat, thanks ya sanggita, kebahagiaan besertamu

  17. mustika Says:

    Makasih infonya…insyaAllah saia akan mengikuti test papikostik d kampus saia besok rabu…

  18. CACAN SOMANTRI AGIS Says:

    Bisakah sharing dalam kegiatan training, Mba Sanggita sebagai salah satu nara sumber di perusahaan kami?
    Mksh
    Waswrwb

  19. reynan Says:

    sepertinya, test psiko memang tidak menggambarkan figur secara utuh dan hanya gambaran umum saja.

    mengenai alat test dan gambarnya, sudah banyak beredar di Internet, mungkin kini saatnya para Psikolog membuat modul Wartegg baru atau Pauli atau DICP baru dan tidak berpatokan pada modul yang lama yang telah banyak diketahui oleh orang banyak.

    Terima Kasih

  20. prita Says:

    mba tolong dum info soal te papikostik

  21. BADRUZAMAN Says:

    Terimakasih infonya ,alangkah baiknya ada contohnya mba!

    Terimakasih

  22. Andre Says:

    Pagi Mbak Sanggita,

    Terima kasih atas infonya, ternyata banyak sekali yah contoh2 psikotes, kebetulan sekarang sy ini sebagai HRD (recruitment) di salah satu perusahaan……terkadang sulit sekali mencari contoh2 alat2 / soal2 psikotes……kalau gak keberatan bolehlah kiranya Mbak Sanggita berbagi contoh alat tes/soal psikotes (guna keperluan internal) seperti : wartegg tes, pauli tes, kraeplin, papikostik, pohon kambium, CFIT, IST, DaP dll………bisa dikirim via e-mail ke nadhifaqolbi@yahoo.com….makasih sebelumnya…ditunggu ya mbak……

  23. psycho_freak Says:

    Mbak, kLo soaL gambar pohon/orang/meLengkapi gambar, yg Lebih besar peLuangnya biar diterima yg mana???

  24. flora Says:

    saya ingin belajar lebi dalam tentang alat tes karena saat mau ngelamar kerjaan yang berhubungan dengan HRD akan di tanyakan tentang pengetahuan alat tes, sementara sewaktu kuliah banyak alat tes yang belum diperkenalkan.
    saya sangat mengharapkan bantuan anda..

    Thx

  25. abdul azis Says:

    mb aq boleleh minta alat2 tes untuk pisikotesnya dong so aq mau daftar pekerjaan di pertambangan jg nih! tq…..!

  26. habsi Says:

    mba tolong kasih tw gambar yang tepat yg harus dibuat pada saat test warteg test fonk, mksh

  27. handoko Says:

    ok juga infonya

  28. B. Zelly Marizal, ST Says:

    Assalamualaikum, Bu Sanggita
    Perkenalkan ,saya Ketua. BKK SMK Muh. Majenang Cilacap,
    siswa-siswa terbaik kami siap mengikuti seleksi PT. Buma.
    Sangat membantu sekali membaca blog ini. Terima kasih.

    SMK MUhammadiyah Majenang Cilacap
    Hormat saya.

    B.Zelly Marizal, ST
    HP. 085727226021

  29. alomohora Says:

    lumayan dapat sedikit penjerahan…

  30. akbar Says:

    bagusss,,,,,,,,
    thank

  31. athran Says:

    oia btw,,, yg pgn saya tau,,
    cara penilaian dari tes pauli,,, pastinya ad kunci-kunci
    untuk mengetahui keadaan psikologi seseorang
    bs tolong beri tau kunci;y tidak share dnk
    ….
    cz pernah dgr c klo itungan pauli itu gk cm soal bnr n bnyk aj lho

    slain kstabilan grafik ad juga kunci yg lebih penting…

  32. ramadhanmanurung Says:

    selamat sore untuk Bapak/i yg telah memberikan sya kesempatan untuk ikut tes hari ini di pekanbaru,saya merasa puas dengan apa yang sya dapatkan walau ternayata saya kalah,karena saya memang butuh waktu lagi untuk belajar. Harapan saya Bapak/i masih memberi saya kesempatan sekali lagi,karena dengan niat yang sungguh-sungguh saya ingin bergabung untuk membuktikan bahwa saya dapat bekerja dengan baik,terimakasi banyak.

  33. buan Says:

    Thxy mb

  34. nandezt Says:

    caranya biar cepet gmna toh

  35. nandezt Says:

    gimana byar bisa ngerjakan tenang

  36. murdi Says:

    Mbak mo tanya, kLo soaL gambar pohon/orang/meLengkapi gambar, apa sih maksudnya?
    trus klo tes yang yg pilhan jawbnya ada 2 tp qt hrs kudu wajib milih salah satu dan biasanya berulang.. itu menilai soal apa ya..kbetulan kmren baru ikut tes cuman blm tw t hasilnya..tlg diimel ya Mbak ke murdianaoctavia@yahoo.com….makasih sebelumnya…ditunggu ya Mbak……

  37. Fajar Says:

    Dear mba Gita,

    salam kenal ya sebelumnya, senang bisa berkenalan dengan anda..

    Mba, tgl 18 Agustus besok, Perusahaan mengadakan Assesment untuk saya, Assesment tsb memiliki beberapa materi test yaitu :

    1. Test Intelegensi
    2. Papikostik
    3. Kraepelin, dan
    4.Technical.

    saya tidak meminta bagaimana cara mengerjakan materi test diatas, karena saya sadar betul akan etika Mba Gita thd bidang tsb. yang ingin saya tahu adalah, tolong di berikan Definisi materi test tsb secara teoritis, mungkin saya sudah tahu dan pernah juga mengikuti materi test tsb, tapi saya ingin yg lebih teoritis,

    tidak lupa, saya juga berharap support dari Mba Gita untuk Assessment saya… :D

    tolong di sent ke email saya aja ya Mba di fajar.ramadhans@gmail.com

    Thanks & Regards,

    Fajar

  38. Indrawan Alamsyah Putra Says:

    Selamat Pagi Mbaq.Saya saat ini bekerja di Perusahaan di Bagian Rekrutmen.dan saya latarbelakang Pendidikan S1.Psikologi dan sdh sdh berkecimpung di HRD mulai thn 2000 bolehkah kita saling pertukar informasi? untuk menunjang skill saya dikerjaan.
    Trims atas waktunya
    Hormat saya
    Indrawan AP.S.Psi,psikolog

  39. Herry Says:

    infonya lumayan bagus, sy jg pernah jalanin psikotes. Kuncinya harus tenang & yg pasti selalu latihan soal sebelum hari-H.

  40. danank Says:

    Dear mbak gita,
    saya dulu pernah kuliah jurusan psikologi tapi tidak sampai selesai.
    mbak saya mau minta contoh alat2 buat tes psikologi dan kegunaan or caara pemakaiannya.
    soalnya sangat bermanfaat bagi saya karena saya sekarang menjadi Team Leader dan harus menjadi Trainer, sehingga alat2 tes psikologi sangat membantu buat saya.
    tolong di email ke alamat koengfoe15@yahoo.com
    saya tunggu ya mbak
    terima kasih atas perhatiannya.

  41. raden sitanggang Says:

    met pagi mba,sbenarnya pengen tau lbh banyak ttg trik dan cara pengerjaan psikotes,,klo mba ga keberatan, tlg di share..pgn juga jd karyawan di ptBUMA apa dan bgm caranya,sy sbg operator exc dislh satu pertambangan batubara di kalimantan.thanks..

  42. Awang Says:

    Makasih mbak, Lumayan dapat penjerahan,

  43. ipoenk_zal Says:

    u/ menggambar pohon jadi yg baik harus lebat nggak mbak, trus u/ menggambar manusia juga bingung gambare soale trus terang saya gk bisa bgt yg namae gambar manusia,, & yg terakhir minta tolong donk mbak di emailkan cara buat bagan perusahaan yang menurut mbak sempurna meski bagannya sederhana,, ni alamat email saya ipoenk_zal@yahoo.com
    Saya tunggu ya mbak,, thx b4

  44. geafry Says:

    Psikotest..
    para psikologi dunia sepakat. tidak ada test yang bisa dijadikan alat ukur kemampuan, pikiran dan perasaan manusia, celakanya lagi banyak perusahaan2 yang terlalu bergantung pada hasil psikotest untuk menyeleksi calon karyawanya.
    terkadang pada saat psikotest banyak diantara kita menggambar apa yang menurut kita sesuai dengan kepribadian kita yang paling baik tapi perspektif kita diinterprestasikan lain oleh psikolog.. Sigmund Freud mengakui bahwa orang irlandia adalah orang2 yang sulit diketahui psikologisnya karena ekspresi mereka berbeda dengan perasaanya.
    dengan asumsi pola pikir dan budaya timur yang kita miliki apakah alat test psikologis (yang diciptakan orang barat) ini bisa dijadikan alat ukur kemampuan kita orang indonesia?
    belum lagi faktor2 eksternal yang bisa mempengaruhi kemampuan kita menjawab pertanyaan2 diluar test psikologi.

  45. $!l@ Says:

    psikotes nya kok g kyk zkulllllllllllllllll Al-Hikmah………………….
    :/……………….:D…………………….:/……………

  46. akbar Says:

    makasih infonya ya sanggita,smoga dapat membantu saat saya psykotes nanti

  47. dodi Says:

    Bagaimana sebaiknya klo soal psikotest yg tdk bs d jawab, apakah hrs diisi ataukah di kosongkan saja jawabannya..
    Tksh sblmnya?

  48. PMB Bandung Says:

    terima kasih untuk pengetahuannya :)

  49. Anton Says:

    Kenapa pake tes2 segala sih, asal niat kerja dan pendidikan mendukung kan sudah memenuhi syarat. Kok sekarang ribet gini ya. Saya sebagai pipmpinan perusahaan… selalu merekut karyawan dengan menanamkan kepercayaan saya terhadap mereka. Asalkan mereka niat kerja dan sungguh2, nilai bagus, dan mau belajar langsung saya terima.

  50. noor_imansyah Says:

    trims, utk tipsnya semoga dapat membantu saya

  51. vian Says:

    mkch atas sarannya info ini sangat berguna buat saya, soalnya saya besok mau tes…
    doain saya ya! teman-teman. saya janji akan berusaha, karna saya ingin masuk UT.

  52. chi Says:

    @anton: Wah Pak Anton seorang pimpinan di perusahaan apa Pak? Kebetulan saya lulusan S1 Akuntansi sudah berpengalaman kerja namun kontrak, jadi sekarang sedang mencari pekerjaan & ingin menjadi karyawan tetap. Bila ada vacancy mohon saya diberikan info di ekamara_j@yahoo.com. Terima kasih.

  53. gudang Says:

    @anton: iya kalo cuma buat ngejagain toko sih emang gak perlu yg ribet2 gini, tapi buat nyari orang yg nantinya digaji 20jt / bulan anda mau ambil resiko cuma berdasarkan kepercayaan doank?

  54. anaksiappudan Says:

    trimakasih atas informasinya mudah2 dgn info ini saya bisa masuk marinir…Amin…

  55. tian Says:

    saya pgn nanya tentang tes gmbar ..
    sebenarnya yg gmb yg di ktakan lu”s dlm psikotes seperti pa ???
    pa gambar itu harus bagus ???
    thnks !!!

  56. bayu permana Says:

    bagaimana sih mabak cara kita memahami psikotes itu dgan baik ??
    agar kdepan ny kita bsa mengerti dgan lbih baik :)

  57. erick Says:

    Saya sering kali kesulitan bahkan gagal dalam mengerjakan tes psikotes wartegg tes..!! Mohon bantuannya dong..!! Please

  58. ame Says:

    mbag,, saya kmarin habis tes psikotest pln ,
    tapi gagal.. saya heran knp bisa gagal.
    padahal hampir penuh semua jawaban saya.

    bagi tips nya donk biar tidak gagal buat kedua kalinya
    trus biasanya kritria seperti apa yang bisa lolos tes psikotes
    balas di ame.btx@gmail.com ya please

  59. Slamet Triatmojo N Says:

    Kemarin pas kita test bareng, aku persis di belakang anda..
    Waktu yg diberikan utk masing2 soal sdh selesai tp anda msh sj memberi tanda silang sampai soal berikutnya dibacakan lagi
    Smp skrg sy msh bertanya2, final dr test ini spt apa sih? Kok org psikology jawabnya begitu..

  60. Cha Petit House Says:

    mbak aku juga mau doang kirimin semua contoh test dan bantuan gimana cara ngerjainnya..karena jujur bingung apa yang mereka(perusahaan) liat dari test kita itu..thnks mbak..

  61. Siti Mariani Purba Says:

    mbak..kasih contoh soal dan jawabannya juga dong..saya bingung kalau menghadapi soal-soal psikotest

  62. Makhfit Says:

    tlg beri c0ntoh gambar dlm tes

  63. kusnendar Says:

    benar sekali, dosen saya juga bilang kalau rahasia tes psikotes dirahasiakan :-)

  64. Komunitas Omah Geni Yogyakarta Says:

    salam kenall.// diskusi lewat email aja ya mbak sanggita…

  65. Ancha Wise Says:

    Pagi Mbak Sanggita,

    Terima kasih atas infonya, ternyata banyak sekali yah contoh2 psikotes, kebetulan sekarang sy ini sebagai HRD (recruitment) di salah satu perusahaan……terkadang sulit sekali mencari contoh2 alat2 / soal2 psikotes……kalau gak keberatan bolehlah kiranya Mbak Sanggita berbagi contoh alat tes/soal psikotes (guna keperluan internal) seperti : wartegg tes, pauli tes, kraeplin, papikostik, pohon kambium, CFIT, IST, DaP dll………bisa dikirim via e-mail ke ancaunm@gmail.com….makasih sebelumnya…ditunggu ya mbak……

  66. aryo Says:

    coba para nabi ikut psikotes ya waah seru nih

  67. joko saputra Says:

    thanx mbx..ud bgi” ilmu

  68. joko saputra Says:

    mbx bgi” ilmunya yg lbih detail lg,gmn caranya ngerjain psikotes byar ga ggl
    blz y mbx plisss,,di e-mail ini joko6222@gmail.com

  69. Intan Says:

    makasih panduan menyelesaikan psikotesnya.

  70. bayu Says:

    minta jawaban soal cfit dan ist dunx mba


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 33 pengikut lainnya.

