Apa manfaat Facebook bagi Anda?

surfing-netTadi pagi saya membaca koran Kompas. Di salah satu kolom, diceritakan bahwa penyair Sapardi Djoko Damono dibuat pusing lantaran request friends di facebook-nya mencapai 1500 orang.

*dan saya salah satu dari 1500 itu  yang sedang menunggu konfirmasinya, hehe…

Yang membuat surprise, ternyata si pembuat account facebook adalah cucunya yang masih duduk di kelas V SD.

Weh, anak sekarang…benar kata Pak Budiono Darsono…benar-benar digital native. Wima saja sudah akrab dengan notebook, at least untuk bermain game *bermain kok game, bingung ah milih katanya*

Jadi ingat perilaku berinternet teman-teman di kantor. Jika ada kesempatan, pastilah menengok media satu itu. Entah virus apa merasuki mereka, tapi facebook memang membuat orang euforia.

Bagi saya pribadi, facebook hanya sebentar saja ditengok. Account yang sudah saya buat sejak setahun lalu ini sekedar untuk update kabar/status teman-teman SMA, kuliah, komunitas persma, dan – ini yang irasional – teman kantor! Ampun deh, ketemu tiap hari lebih dari 8 jam gitu.

Itu pun saya lakukan sebelum atau sepulang dari kantor, pagi atau malam. Blog, cek e-mail yahoo, YM, facebook cukup di rumah dengan jaringan sendiri.

Dibandingkan facebook, saya tetap prefer blog karena ruang bermainnya jauh lebih luas. Ah, belum bisa komen lebih jauh nih. Masih mengamati.

Kembali ke cerita di awal tulisan ini, berkat facebook, Pak Sapardi Djoko Damono pun mendapatkan kembali naskah Syair Inul yang sempat hilang – yang rencananya akan segera diterbitkan.

Setelah diumumkan melalui media jejaring sosial tersebut, tak sampai 2 jam ada yang mengirim balik. Rupanya sang pengirim sempat mencatat naskah itu saat dibacakan dulu. Jadilah buku Syair Inul diluncurkan bersama buku kumpulan puisi lainnya : Kolam di Pekarangan.

Itu mungkin salah satu manfaat yang bisa dipetik dari facebook. Bagi Anda, apa sih manfaat facebook?

*Saya kok malah menganggap fenomena facebook ini sebagai media virus digital narcisism untuk menginjeksikan dirinya ke dalam ruang persepsi kita ya?

Related Posts :

Facebook dan Para Bajingan (Budiono Darsono)

Persamaan Fenomena Ponari dan Facebook (Ndoro kakung ingkang Pecas Ndahe)

Kenapa Akses Internet Sebaiknya Dilarang di Ruang-ruang Kantor (Blog Strategi+Manajemen)

Kartun Benny and Mice tentang Facebook (Riri Satria)

Bu Enny yang sangat lincah di dunia maya

41 Tanggapan to “Apa manfaat Facebook bagi Anda?”

  1. Jaya Says:

    Manfaatnya gak banyak, selain ngabisin waktu dan nemuin teman lama

    Adakah yang berminat melakukan penelitiannya?

  2. Dony Alfan Says:

    Ada yang menganggap ini lebih dari narsisme, tapi eksibisionisme! Sangar tenan yo :D

    Hieh??!

  3. suwung Says:

    ngumpulkan teman… kalo basa jawa ngumpulke balung pisah

    Saya juga merasa demikian sih, Mas

  4. edratna Says:

    Saya sudah lama diajak gabung di FB menolak terus…lama-lama nggak enak karena yang ngajak mantan bos, dan yang suka memberi pekerjaan tambahan buat saya (yang berarti ada tambahan penghasilan)…beliau mendorong gabung di FB, karena FB bisa merupakan bentuk “marketing yourself”.

    Apa yang dikatakan bos ada benarnya, begitu gabung, langsung deh teman-teman lama, mantan murid, anak buah, teman blogger add…dan tentu saja buahnya manis (tak perlu diekspose disini ya…)

    *segera meng-add bu Enny as friend*

  5. deden Says:

    saya baru gabung, langsung deactivate. sepertinya time consuming banget. tadinya mau nulis, malah sibuk FB jadi habis waktu 3 jam, nggak ada hasil.

    Yang berlebihan memang tidak sehat, Mas. Saya malah pake FB buat pasang lowongan kerja, hehe

  6. bayu | waseso » Blog Archive » Facebook itu candu Says:

    [...] tentang Facebook selalu ada. Di lain sisi, facebook juga ada yang memujinya, misalnya menurut Sanggita, disebutkan bahwa Facebook bermanfaat hanya untuk sekedar update status teman-teman saja. Menurut [...]

  7. canggih Says:

    Aku Setuju ma Edratna, dengan FB kita bisa “marketing yourself”. Bukti paling nyata ya Presiden barunya AS.

    Kalimat pertama dan kedua…hmmm, apakah ada hubungan sebab akibat? Kupikir tidak ada hubungan yang signifikan deh, dik

  8. agoyyoga Says:

    Awalnya bikin account FB karena penasaran dengan review bisnis tentang FB. Oleh karena hanya yang punya account yang bisa melongok isinya, maka mau nggak mau, sign in deh. Setelah tahu wujudnya saya nggak pakai lagi account itu, eh lama-lama ketahuan juga ama teman, dan keterusan sampai sekarang. Senang juga, karena merasa makin dekat dengan teman-teman. :D

    Jadi inget kalo belum add Yoga, hehe

  9. Yodhia @ Blog Strategi + Manajemen Says:

    Sama, saya lebih prefer blog….lebih deep gitu; ndak superficial seperti di FB.

    Manfaat bagi saya? Saya pemasang iklan (advertiser) yang lumayan besar di FB (budget iklan di FB bisa Rp 2,5 juta/bulan)…dan so far, saya lihat cukup efektif manfaatnya.

    So saya mampir ke FB sekedar untuk melihat statistik kinerja iklan saya disana….

    Haha, dan saya salah satu yang terjerat disana ya, Mas.

  10. muhamad ilham Says:

    GUE BELUM BISA BAGAIMANA MENGAKTIFKANNYA

  11. astarisekarayu Says:

    FB memang fenomenal… :-)

  12. faizzal Says:

    facebook lumayan bermanfaat jg tuch,yaaa meskipun suka ngabisin waktu gw.Hehehehe………

    —–
    Setelah saya mencoba hampir semua fasilitas di facebook, ternyata oke juga ya. Selama kita bisa menggunakannya hanya untuk hal-hal yang bermanfaat saja sih.

    Menghabiskan waktu? Pada dasarnya, kita memang makhluk sosial sih, Mas. Dan facebook memfasilitasi hal tersebut.

  13. zam Says:

    Facebook kini menjadi salah satu media komunikasi dan personal branding suatu produk/perusahaan loh. Beberapa perusahaan mulai melirik pasar Facebook untuk mengenalkan produk hingga beriklan dengan cara memanfaatkan jalinan perkawanan. istilah kerennya, Viral publishing dan marketing.

    menurutku perusahaan yang memblokir aktivitas Facebook karyawannya itu bodoh. bila dimanfaatkan dengan baik, citra perusahaan bisa dibentuk dengan memanfaatkan Facebook para karyawan dan konsumennya. intinya, perusahaan bisa membangun komunikasi dengan konsumen melalui facebook..

    facebook tak hanya jadi ajang narsis aja, loh! :D

    duh, bahasaku membingungkan ketoke.. :D

    Dulu.. aku juga malas banget buka Facebook. sekarang aja mulai ngoprek Facebook karena tuntutan kerjaan dari kantor. :D

  14. @rul Says:

    saya anggap fb sdkt manfaatnya coz banyak membuang2 waktu di depan komputer, teruz kebanyakan anak2 abg yang mencari teman dan pembicaraanya ya gitu2 aza…..
    jadi pandailah membagi waktu dan fulus……..

  15. ciwir Says:

    berteman di dunia maya harus juga bisa berteman saat offline…

  16. MukherjeE Says:

    FB KEREN KOK BAGI YANG NGERTI MAKENYA TENTuNYA….

  17. Tegor Says:

    ya manfaatnya senengggggg.
    Buang-buang wuaktu percuma.
    ya bagi yang berpendapat kurang manfaat yan banyak.

  18. Ipon Says:

    aku di FB… bagai semut hitam… yang berjalan di kegelapan malam… diatas batu hitam yang kelam, aku tidak dapat melihat… aku tertelikung…

  19. ading Says:

    wah…….ternyata nyata

  20. Aldy Says:

    Salam kenal mbak, wah jujur aja kalau menurut aku ngg banyak manfaat yang kita peroleh dari ikutan facebook. ini berdasarkan pengalaman pribadi entah kalau orang lain. but anyway semua tergantung dari persepsi masing-masing dan cara untuk menyikapi facebook. kalau berkenan boleh kan tukeran link mbak?

  21. masjaliteng Says:

    apa ya mbak, semua orang kelihatannya sudah merasakan manfaat dan kerugiannya, kecuali saya kayaknya…

  22. lilo Says:

    eeemmmm,,,, manfaat pesbuk buat saya lumayan banyak seeeh mbak…
    buat nampilkan karya2 (puisi, cerpen, naskah) di kolom catatan
    buat promosi acara (pementasan, buka bareng, reuni)
    buat nyari kabar (tentunya….)
    dan yang paling sering yaaaaa buat ngisi waktu sambil nunggu lodingnya situs lain… :-)

  23. WheeL_doNe Says:

    Semua nya berkata bnar….
    Tpi terkadang dunia sperti itu malah bikin lupa diri….
    Lupa itu lupa ini…..sampe lupa nama sendirii(dramatisasi….)

    apa yang sperti tu bisa di sebut manfaat???? Boleh ditanyakan tuh

  24. francine_lily Says:

    menurut akuwh,manpaatnya fb tu lumayan banyak,bukan cuma bwat pengguna tapi juga para pebisnis yang dapat memasang iklan di situ,juga bisa untuk sarana belajar di dunia maya bagi pelajar(contohnya saja saia,yang baru klas 1 smp tapi sudah disuruh punya fb hehe)

  25. Areep Says:

    awalnya seh punya facebook biar bisa publikasi tulisan blog. tapi nyatanya para fesbuker cuma bisa buka fesbuuk. kalo kita promosiin blog kita rata2 bilang “apa tuh.” ituh nyang saya alamin sendiri

  26. Sapiin Says:

    Yang penting ingat ALLAH SWT

  27. cdx Says:

    Apapun itu kalau hanya digunakan untuk cuap2 iseng, pasti merugikan. Coba gunakan untuk saling bertukar pendapat, atau mencoba mengaktualisasikan diri dengan ide, pekat (pengetahuan singkat), Insyaallah akan bermanfaat. Beda lagi blog dg para blogernya, mereka bisa mengaktualisasikan dirinya dengan segala kreativitasnya, namun bagaimanapun juga facebook tak bisa dianggap sekedar tempat menghabiskan waktu saja. Terserah anda….

  28. dewi fortuna Says:

    faceboook sekarang semakin banyak yang menggunakan……sampai2 saya yang kelas 5 sd pun punya…….keren kan???

  29. tri Says:

    yang pasti facebook manfaat banget buat promosi,sehari saya bisa dapat 120 pengunjung lebih ke blog saya…..pokoknya facebook ngebantu promosiin situs kita….!

  30. humorkorupsi Says:

    tp prof Imam Suprayogo dari UIN Maliki… suka nulis via ponselnya di Facebook.. tulisannya keren2 :)

  31. humorkorupsi Says:

    PS… Prof Imam Suprayogo adalah Rektor yang paling banyak nulis buku dan paling banyak nulis di facebook… makanya masuk MURI :D

  32. Dra. Sunarti Says:

    saya merasakan manfaat yang banyak dari facebook ini:
    1. bisa bertemu kawan lama yang telah lama hilang
    2. menemukan orang-orang penting yang mendukung karir
    3. yang terpenting buat saya adalah untuk komunikasi dengan murid-murid saya, dari facebook ini saya juga melakukan pembimbingan bagi mereka, melayani konsultasi pribadi dan menjalin hubungan baik dengan alumni.
    4. dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.
    HARI GINI GAK PUNYA FACEBOOK…….????, JADUL AH….!!!!

  33. AZKIYA Says:

    PROF IMAM SUPRAYOGO ITU REKTORKU LO,WAKTU KULIAH DULU AKU NGEKOS DI SAMPING RUMAH BELIAU.RUMAH YANG SANGAT SEDERHANA UNTUK UKURAN SEORANG REKTOR.

  34. Muhammad Arifin | facebook marketing Says:

    wew semakin hari facebook semakin banyak pemakainya, entah sampai berapa lama ini akan bertahan, namun saya sudah memakainya untuk pengembangan bisnis.

    meski banyak social media yang lainya, namun facebook memiliki prospek yang lebih luas…

    kadang juga di gunakan untuk temu kangen antar temen-temen yang jauh dan bagai tidak ada jarak

  35. nia Says:

    *Saya kok malah menganggap fenomena facebook ini sebagai media virus digital narcisism untuk menginjeksikan dirinya ke dalam ruang persepsi kita ya?

    >> hahaha setuju, smakin banyak yg narsis (atau jangan2 saya sendiri :D ) entahlah, yg jelas selalu aja penasaran pengen nengok fb.. padahal yg diliat paling status tmen2 yg ga terlalu penting juga..

  36. yudi krisna Says:

    NO FACEBOOK NO CRY…

  37. chika manies Says:

    hayahahahahha

  38. chika manies Says:

    mnrt gue mah facebookk tch tidak bermanfaat cm hiburan zha

  39. yuniawan Says:

    tulisannya bagus

  40. Rido sandi atmanto Says:

    Ane dapet jodoh dari fb. Tp ane jg dah muak sama status2 fb yang kadang ga ada gunanya. Nambaih puyeng ajah kayaknyah

    hehhehe

  41. roy samudra Says:

    manfa,at fb bgi sya, bsa mnyimpan data photo vidio. dan jga bisa iklan. bruk nya, trgantung anda yg megguna kan nya.


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

