Mereka yang sedang menyelesaikan bukunya

Berikut adalah beberapa nama anak bangsa yang menjadikan profesi menulis sebagai jalan hidupnya. Saya sangat mengagumi sepak terjang mereka, baik dari karya yang dihasilkan maupun secara personal. Mereka sama-sama masih muda, idealis, dan unik.

Yang ingin saya bidik di tulisan ini adalah bagaimana mereka membagi waktu dan pikiran antara pekerjaan (jika mereka masih terikat untuk bekerja dengan orang lain), menulis, keluarga, dan waktu untuk diri sendiri. Dan bagaimana proses mereka menuju puncak yang diimpikan. Here we go

Dewi Lestari. 32 tahun. Domisili Bandung/Jakarta (sementara). Artis, penyanyi yang tergabung dalam RSD. Ibu satu anak – Keenan – berusia 3 tahun. Baru saja tur 12 kota RSD. Sedang menyelesaikan project Rectorverso. Freelance, penulis. Sedang dikejar deadline untuk novel e-book Perahu Kertas yang harus diselesaikan dalam 55 hari (www.dee-55days.blogspot.com). Dan project Supernova keempat.

Jumpalitan mengatur waktu antara talkshow, menjadi juri penulisan cerpen di majalah-majalah, menjadi pembicara seminar, wawancara media, booksigning, tur, rekaman lagu, menulis journal 55-days, menulis blog dee-idea, menyelesaikan proyek Perahu Kertas, mengurus anak, mengikuti kegiatan-kegiatan semacam meditasi.

Karya : Supernova the series : Putri, Ksatria, dan Bintang Jatuh; Akar; serta Petir, Filosofi Kopi, dan berbagai tulisan serta puisi yang tersebar di milis, majalah, dan koran.

Adhitya Mulya. 30 tahun. Domisili Singapura. Ayah 1 anak. Karyawan swasta yang sering ke luar negeri. Penulis. Beberapa bukunya telah dijadikan film lebar dan serial TV.

Jumpalitan mengatur waktu antara untuk anak, istri (pas anak lahir, sedang tugas ke luar negeri), pekerjaan, menulis Bajak Laut, menghadiri premiere filmnya sendiri (tapi tidak bisa datang karena ada pekerjaan di kantor), dan menulis blog www.suamigila.com.

Karya : Jomblo, Gege Mengejar Cinta, Kejar Jakarta, D’Bijis, Travelers’ Tale, dan cerita-cerita ancur nan humoris yang tersebar di blognya.

Andrea Hirata. Thirty something. Domisili Bandung. Karyawan PT Telkom. Penulis. Menyelesaikan studi master of science di Unversite de Paris dan Sheffield Hallam University, UK. Lulus cumlaude. Tesisnya di bidang ekonomi telekomunikasi telah beredar sebagai referensi ilmiah pertama yang ditulis orang Indonesia.
Tengah mengejar impiannya untuk tinggal di Kye Gompa di Himalaya, sebuah desa tertinggi di dunia.

Karya : Tetralogi Laskar Pelangi, Endensor, Sang Pemimpi, dan Maryamah Karpov.

Raditya Dika. Twenty something. Blogger. Mahasiswa program ekstensi Universitas Indonesia jurusan Politik Indonesia. Pernah menjadi reporter Metro TV. Sekarang bekerja sebagai pimred penerbit Bukune di bawah PT Bukune Kreatif Cipta.

Jumpalitan mengatur waktu antara kerja dari pagi hingga sore, kuliah di malam hari, talkshow, booksigning, menulis blog, cek e-mail/Friendster/Facebook/milis, membuat komik KambingJantan, film KambingJantan, buku untuk readers, dan buku keempat.

Karya : Kambingjantan (Gagasmedia, 2005), Cinta Brontosaurus (Gagasmedia, 2006), Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa (Gagasmedia, 2007).

Ada yang ingin menambah list ini?

2 Tanggapan to “Mereka yang sedang menyelesaikan bukunya”

  1. Donny Reza Says:

    Saya juga sedang menyelesaikan buku …. hehe

  2. sanggita Says:

    Wah, jadi penasaran…

    Sebenarnya masih banyak yang belum ketulis, mas. Temen-temen saya di komunitas persma UGM juga sedang menyiapkan bukunya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: