Dewi Lestari di O-Channel tadi pagi

Sebelum berangkat kerja, saya iseng menyaksikan O-Channel. Ternyata salah satu penulis favorit saya, Dewi Lestari – yang akrab dipanggil Dee – menjadi bintang tamu untuk sebuah talkshow. Kabar terbaru : buku keenamnya yang berjudul Rectoverso sudah terbit!

Yang unik dari karya ini adalah tidak hanya kumpulan cerita yang kita dapat. Tapi juga CD yang berisi 11 lagu ciptaan Dee sendiri dengan aransemen Andi Rianto.

Jadi, di balik setiap lagu dalam CD, ada ceritanya di buku. Sesuai dengan arti Rectoverso – dari bahasa Latin – yaitu dua image yang saling bercermin. Idenya orisinal ya?

Ada pertanyaan yang cukup tricky dari salah satu penanya via phone, “Mbak Dewi, dalam dunia kepenulisan, bagaimana mendamaikan idealisme dengan sisi komersial?

Saya hanya menulis apa yang saya suka. Pasti ada dong orang yang mempunyai pikiran yang sama dengan saya. Seperti juga Supernova. Siapa sih yang mau membaca novel bertema spiritual, science, dan percintaan seperti itu? Tapi toh banyak juga yang tertarik. We’ll never know,” jawab Dee dengan mantap.

“Dengan content yang ada, fokusnya adalah bagaimana memaksimalkannya saja, yaitu membuat desain terbaik, memasarkan dengan metode paling pas, dan mengkomunikasikan dengan tepat apa kelebihan karya itu, lanjutnya.

Persis seperti salah satu tulisan Dee berjudul Tarian Paradoks di Pentas Bumi : “…Saya berbuat apa yang menurut saya pas dengan kata hati saya. Dan saya menyuarakannya sebisa saya. Saya berbagi apa yang bisa saya lihat dan racik melalui filter pemahaman saya...”

Hmmm, very simple and inspiring

Oke deh. Saya berburu Rectoverso dulu ya. Insyaallah saya share lagi…

5 Tanggapan to “Dewi Lestari di O-Channel tadi pagi”

  1. yulism Says:

    Selama ini saya mengenal Dewi Lestari hanya sebagai penyanyi, mendengar dia menulis novel dan sempat ada kontroversi tentang gambar di Covernya tapi belum pernah membaca bukunya. Sepertinya menarik dari tulisan mbak Sanggita. thaks

  2. ekhsano Says:

    semalem nyempetin ke gramed plangi belum ada’e. kalo menurutku idealismenya si dewi lestari justru menjadikan blue ocean strategy buat dirinya, nagaimana novel pertamanya berhasil mengeducate market🙂

  3. sanggita Says:

    @Yulism,
    Buku-buku Dee memang sangat menarik, mbak *versi saya lho, hehe* Coba deh baca Tetralogi Supernova (Putri, Ksatria, dan Bintang Jatuh; Akar; dan Petir) atau kumpulan cerpen Filosofi Kopi. Ada juga Perahu Kerja (versi digital)

    @Ekhsano,
    Sepakat, bro! Iya tuh kok belum tersebar merata ya?!

  4. Dua bulan berburu Rectoverso « Sanggita Says:

    […] Terbaru Sanggita di Dewi Lestari di O-Channel tadi… akuhayu di Ini anak kedua saya soleh di Apa yang harus dilakukan di ta… ufi yusuf di […]

  5. Semalam untuk selamanya « Sanggita Says:

    […] Awal mula mendapat informasi tentang RectoVerso, kebetulankah?  […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: