GOOD TO GREAT : Why Some Companies Make the Leap And Others Don’t

Gambar diambil dari sini

Beberapa saat yang lalu, kami – tim HRD – melakukan meeting dalam rangka meng-goal-kan sebuah project keHRDan demi pengembangan perusahaan.

Sayangnya, sudah beberapa kali usulan dilakukan oleh manajer, sulit sekali di-acc BOD. Akhirnya, untuk kesekian kalinya kami harus meyakinkan BOD bahwa project ini super duper penting.

Dengan didukung data-data perusahaan, kami menyajikan presentasi dengan prinsip simplicity dan back to basic. Untuk pembukaan, kami menggunakan ilustrasi yang sangat menarik dalam buku Jim Collins, GOOD TO GREAT : Why Some Companies Make the Leap And Others Don’t.

Konsepnya sangat sederhana : Get the right people in the right seats on your bus and the bus will take you where you want to go.

Caranya bagaimana?
First – get the right people on the bus and the wrong people off the bus
Second – get the right people in the right seats on the bus
Third – get the bus moving in the right direction

Sepintas memang terkesan mudah dilakukan. Tapi pelaksanaan di lapangan, waaah sangat dinamis. Untuk memilih right people saja, sebuah organisasi harus memiliki standar kompetensi agar benar-benar objektif.

Misalnya di perusahaan. Bagian yang bertanggung jawab untuk mencari dan memilih right people ini tentu HRD. Jadi dibutuhkan orang yang tajam kemampuan analisis dan forecastnya. Apakah orang yang sudah ia rekrut, nantinya akan perform di perusahaan.

Nah, untuk menempatkan right people in the right seats pun cukup menantang. Seatnya sendiri harus jelas. Ini berkaitan dengan struktur organisasi, kepangkatan atau pemeringkatan jabatan, dan job evaluation. Dan tentu saja satu paket dengan jenjang karir, sistem promosi, serta pengembangan peoplenya.

Dan yang utama adalah merumuskan seperti apakah the right directionnya. Mau di bawa kemana organisasi tersebut. Apa visi dan misinya.

Konsep ini sangat applicable untuk semua model organisasi kan?

Oya, yang saya tulis hanya sebagian kecil dari konsep besar pemikiran Jim Collins. Tentu saja tidak saya paparkan semua di sini. Baca blog terlalu banyak kan kurang asyik. Coba deh ubek-ubek situsnya saja. Jim Collins sangat pemurah membagi ilmunya loh. Bahkan bisa download Diagnostic Toolsnya.

Note, ada ilustrasi lucu yang berkaitan dengan prinsip KISS – Keep It Simple, Stupid ini :

Pada saat NASA mulai mengirimkan astronot ke luar angkasa, mereka menemukan bahwa pulpen mereka tidak bisa berfungsi di gravitasi nol, karena tinta pulpen tersebut tidak dapat mengalir ke mata pena.

Untuk memecahkan masalah tersebut, mereka menghabiskan waktu satu decade dan 12 juta dolar. Mereka mengembangkan sebuah pulpen yang dapat berfungsi pada keadaan-keadaan seperti gravitasi nol, terbalik, dalam air, dalam berbagai permukaan termasuk kristal dan dalam derajat temperatur mulai dari di bawah titik beku sampai lebih dari 300 derajat Celcius.

Dan apakah yang dilakukan para orang Rusia? Mereka menggunakan pensil!

Yah, Insyaallah projectnya tembus deh, hehe…

3 Tanggapan to “GOOD TO GREAT : Why Some Companies Make the Leap And Others Don’t”

  1. .ekhsano Says:

    KISS… ato kalo orang jepang pokayoke.. kalo kata orang tua jaman dulu cara bodon. dulu pas jaman kuliah dalam salah satu bahasan tentang AI diperkenalkan kata chaos theory. chaos memungkinkan adanya fungsi2 yang dinamis. lewat persamaan matematis sederhana akhirnya kita membuat persamaan sederhana. let’s say y=ax+b ato bisa juga y=cx+ d itu semua tergantung dari pembelajaran kita. bukan orang yang terlibat yang menentukan. tetapi sistem yang berbicara. nah mengapa orang sering terjebak dalam situasi chaos tadi adalah karena mereka tidak bisa memandang masalah secara sederhana. mereka terlalu terjebak pada kata complicity. seperti komentar ini. terlalu kompleks. haha😀

    satu hal menarik adalah “menempatkan orang pada seat yang tepat”. banyak rekan2ku yang keluar dari perusahaan dan berloncat2. setelah kita diskusi ternyata problemnya adalah karena mereka tidak sreg dengan atasan langsung di atasnya. bisa jadi karena masalah hierarki. dari dulu aku kurang sreg dengan hierarki. entahlah. mungkin karena aku seorang pembelajar anarki. anarki adalah organisasi tanpa hierarki. kebebasan dengan disiplin diri. disiplin diri berarti kita bertanggung jawab terhadap kursi sendiri. dan bersama2 menjaga kestabilan kursi yang lain. haha lagi2 terlalu kompleks😀

    lalu bagaimana dengan kepemimpinan?hmmpphh.. kepemimpinan bukan berarti ada seseorang dengan tempat yang lebih tinggi. aku lebih menyukai konsep kepemimpinan ki hajar ketika membangun taman siswa🙂

    bagiku tak ada orang yang benar maupun orang yang salah. bisa menjadi benar dan bisa menjadi salah karena adanya sistem. sistem yang baik adalah sistem yang bersifat komunal. tak ada istilahnya orang dalam maupun orang luar. ato istilah kerennya sekarang wikinomics. so welcome in the era of enterprise 2.0.

  2. sanggita Says:

    Wuahh, tambahan yang luar biasa, ki dalang. Mestinya kita ramaikan milis smunsa dengan diskusi-diskusi seperti ini.

    *huh, dari sekolah saya selalu terintimidasi dengan kecerdasan kalian*

  3. zulham Says:

    Kode Posisi : AREA SALES SUPERVISOR ( ASS )
    WILAYAH : PADANG

    Dear,
    Bapak Personalia
    PT. Natrindo Telepon Selular
    di –
    Tempat

    Dengan Hormat,

    Saya berminat bergabung dengan PT. Natrindo Telepon Selular jika ada lowongan sebagai posisi Supervisor Sales dan di tempati di Padang, saya masih bekerja di PT.MOBILE-8 TELECOM TBK ( FREN ) dibagian Sales Canvaser/TMO.

    Nama : ZULHAM
    Tempat tangal lahir : Medan / 07 September 1979
    Agama : Islam
    Warganegara : Indonesia
    Pendidikan : Akademik ( D III ) T. Mesin
    Alamat : Jalan. Sempurna No. 100 Teladan Medan 20218
    Telepon : +6261 – 7864 – 037
    Hp : +62888 – 785 – 4079 , +62815 – 3377 – 7933
    E-mail : zul_4am@yahoo.com

    Ketampilan : Bisa mengoperasikan komputer dengan baik ms.word dan exel

    Pengalaman Kerja:
    Bekerja di PT. ADITEC CAKRAWIYASA 2002 s/d 2004
    Sebagai Collector
    Bekerja di PT. CENTRAL WINDU SEJATI 2004 s/d 2004
    Sebagai Engeneering
    Bekerja di PT. SERVISINDO KUALITA PRIMA 2005 s/d 2005
    Sebagai Sales IT
    Bekerja di PT. MOBILE-8 TELECOM Tbk 2008 s/d 2008
    Sebagai Sales Canvasser/TMO.

    Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat dan besar sekali harapan saya untuk dapat bekerja di PT. Smart Telkom. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Hormat Saya
    ttd

    ZULHAM


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: