Menyingkap Karen, satu lagi karya tentang kepribadian ganda/majemuk_part 1

buku_menyingkap_karen3

Judul : Menyingkap Karen – Kisah Menggugah Seorang Wanita dengan 17 Kepribadian

Penulis : Richard Baer

Penerbit : Serambi

Cetakan : I, September 2008

Tebal : 500 halaman

Harga : Rp 74.900,00

Dokter Bear (salah tulis) yang baik,

Namaku Claire. Aku 7 tahun. Aku hidup di dalam Karen. Aku dengar kamu terus. Aku ingin bicara denganmu, tapi tidak tahu caranya. Aku suka bermain dengan James dan Sara. Aku juga suka menyanyi. Aku tidak mau mati. Maukah kamu mengikatkan tali sepatuku?

Claire

Buku ini mengisahkan tentang perjalanan hidup Karen Overhill, seorang wanita berusia 34 tahun yang mengalami penyiksaan fisik dan seksual hebat ketika masa anak-anak hingga remaja. Sangat ironis ketika sang pelaku adalah ayah dan kakeknya sendiri.

Ketika Karen disiksa, bahkan oleh orangtuanya sendiri, ia merasa tidak mampu untuk melarikan diri, takut dibunuh jika mencari bantuan, dan tidak mengerti apakah penyiksaan yang ia alami merupakan hal biasa terjadi pada seorang anak ataukah perlakuan yang salah.

Untuk bertahan hidup dan keluar dari trauma penyiksaan, terjadilah perpecahan kepribadian dalam diri Karen. Seperti Claire, yang ”lahir” saat ayah Karen memasukkan sebuah salib ke dalam vaginanya. Karen tidak mampu menahan rasa sakitnya sehingga Claire pun tercipta untuk menahan rasa sakit itu. Claire juga yang berinisiatif untuk menulis surat pada psikiater yang merawat Karen bernama dokter Baer dan membuka pintu bagi keenam belas kepribadian lain untuk mengungkapkan dirinya.

Atau Karen 3 bertugas menanggung kesedihan karena kekerasan verbal suami Karen. Karen 3-lah yang pertama kali menemui dokter Baer di bulan Januari 1989 untuk konsultasi. Ia mengeluh depresi berkepanjangan, kerap kehilangan ingatan, dan memiliki kecenderungan bunuh diri.

Sedangkan Julie – 13 tahun – lahir ketika ayah Karen meminjamkan Karen pada teman-temannya untuk seks. Karen berumur 11 tahun ketika itu. Julie tidak bisa menggerakkan kakinya karena beban semua pria yang menindihnya. Ia takut pada pria, kegelapan, dan mual jika melihat darah. Julie menderita asma dan tidak bisa berjalan. Alasan keberadaan Julie adalah menghapus ingatan-ingatan itu dari pikiran Karen.

Karen Boo – 2 tahun – yang bertugas mengambil alih rasa sakit ketika ayah Karen mencekik dan mengikat kaki, tangan, serta melakban mulut Karen untuk membunuhnya.

Karen 1 – 10 tahun – lahir saat Karen berumur 10 tahun. Karen diperkosa dan secara sadis disiksa oleh saudara laki-laki neneknya, Constantine. Karen 1 mengambil alih beban tersebut.

Dan sebagaimana terjadi pada kepribadian ganda/majemuk lain, selalu ada karakter superego yang santun, bermartabat, intelek, dan memiliki kematangan emosi. Dalam diri Karen, kepribadian tersebut bernama Holdon. Holdon lahir pada 8 Februari 1960 saat Karen berumur 20 bulan. Ia bertugas melindungi semua kepribadian dan menjadi sosok ayah yang diidamkan Karen. Holdon pula yang membantu dokter Baer dalam menentukan siapa sajakah yang layak diintegrasikan terlebih dahulu.

Masih ada 11 kepribadian lain dengan usia beragam, sifat, perilaku, kegemaran, penyakit, dan latar belakang “kelahiran” sendiri-sendiri. Seperti Karl, bocah lelaki 10 tahun yang menanggung penderitaan terberat; Katherine, sosok ibu berumur 34 tahun yang bertugas mengurus rumah dan mengatur keuangan; Ann, gadis 16 tahun yang religius; Miles yang pemarah; Jensen yang senang menggambar; Sidney yang suka mencuri; Juliann yang rajin menulis catatan harian; dan masih ada Elise, Karen 2, Sandy, serta Thea.

Akhirnya mereka semua terintegrasi dengan satu identitas tunggal, yaitu Karen Overhill, setelah melalui terapi panjang dengan metode hipnosis dari tahun 1989 hingga 2006.

(bersambung)

Satu Tanggapan to “Menyingkap Karen, satu lagi karya tentang kepribadian ganda/majemuk_part 1”

  1. May Says:

    Wah, bukunya seru nih. Di gramedia masih ada ga ya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: