Menyingkap Karen, satu lagi karya tentang kepribadian ganda/majemuk_part 2

multiple-personalities_bxp27222Keistimewaan dari buku ini adalah ditulis langsung oleh psikiater yang merawat Karen selama 17 tahun sehingga data ataupun catatan yang dipaparkan menjadi sangat akurat.

Karena selama Karen menjalani terapi, dokter Baer menulis 622 halaman catatan tentang kemajuan Karen, mengumpulkan 44 gambar, 12 rekaman suara, 2 kaset video, dan 49 benda-benda yang berhubungan dengan ketujuh belas sosok (seperti tang, pengelupas cat, lilin, salib plastik, liontin emas, peniti popok, dll yang kesemuanya itu digunakan Kakek dan ayah Karen untuk menyakitinya secara fisik dan seksual) serta 275 e-mail, 60 kartu ucapan, 5000 catatan harian dan surat dari Karen.

Selain pemaparan bagaimana terapi penyatuan kepribadian Karen dilakukan, pembaca juga diajak untuk menyelami perasaan sang dokter dalam proses itu. Kekhawatirannya terhadap Karen yang memiliki kecenderungan bunuh diri, keraguannya dalam memutuskan mana kepribadian yang harus didahulukan untuk disatukan, hingga kebingungannya akan kelanjutan terapi itu sendiri.

Sayangnya, dokter Baer kurang menjelaskan nama Karen yang seringkali dirujuk ketika terapi adalah Karen Overhill – sang pemilik tubuh – ataukah Karen 3 – yang merupakan perpecahan kepribadian – sehingga menimbulkan kebingungan pembaca.

Dan alangkah lebih berwarnanya cerita ini jika disertai dialog antara Karen Overhill dan ketujuh belas sosok lainnya dengan teman-teman dan guru mereka. Bagaimana peralihan Karen – yang tentu saja tidak mereka ketahui – seringkali membuat mereka bingung. Karena bisa jadi hari ini Karen sangat akrab, namun di hari lain bisa begitu asing hanya karena mereka bertemu dengan sosok yang berbeda dalam tubuh Karen.

Bagaimanapun, cerita dalam buku ini – seperti yang diungkapkan Karen sendiri – adalah semacam kisah cintanya. Setelah disakiti dengan sangat parah sepanjang hidupnya, Karen tidak memiliki kemampuan untuk mencintai dirinya sendiri maupun orang lain. Hanya dengan kesabaran, pemahaman, dan perawatan tanpa syarat dari dokter Baer-lah Karen merasa diterima dan, tentu saja, dicintai. Sehingga mampu melanjutkan hidup sebagaimana manusia normal lainnya.

(the end)

PS : Baca wawancara Karen Overhill dengan reporter Newsweek’s, Anne Underwood, di sini

9 Tanggapan to “Menyingkap Karen, satu lagi karya tentang kepribadian ganda/majemuk_part 2”

  1. juno Says:

    hmmm…apa yang terjadi dgn karen ini apakah serupa dgn sybill atau billy ? klo sybill kayaknya penceritaannya (dalam buku itu) cukup dramatis.

  2. sanggita Says:

    Yup, kisahnya mirip dengan Sybil dan Billy, Jun. Dan memang absolutely dramatic…

  3. ufi yusuf Says:

    alih bahasa nya bagus gak git? asik nih ada buku beginian lagi…

  4. restlessangel Says:

    *kabur ke toko buku*

  5. powerrangga Says:

    Saya udah baca baca juga ya Resensinya di blogg saya.
    BUKUNYA emang bagus dah!

  6. kenjihimura Says:

    saya udah baca ebooknya di book.google.com tapi cuma sample halaman seratus sekian… upload donk bukunya…. jadi penasaran nih🙂

  7. ezharezha Says:

    jadi penasaran ,,,,kok kayak aq merasa gt ezha & rezha dua namaku yang berebeda karakter

  8. seli_usel Says:

    . kata” nya bagus kak gitta ..

    . sukses selalu iya kak.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: