Termasuk jajaran top talentkah Anda?

Di setiap perusahaan, baik start-up company hingga perusahaan yang sophisticated dan stabil, bisa dipastikan mapping pekerjanya seperti bagan berikut :

human-aset-value

1. Deadwood
Adalah pekerja dengan karakteristik potensi rendah dan performa rendah. Tipe ini tentu saja memberatkan perusahaan karena tidak menunjukkan timbal balik yang signifikan padahal perusahaan telah memberikan yang menjadi hak pekerja tersebut.

2. Problem Employee
Pekerja tipe ini sebenarnya memiliki potensi yang tinggi, sayangnya tidak menunjukkan performa yang semestinya.

Untuk menghadapi pekerja kedua tipe di atas, perlu diberikan coaching and counselling untuk mengetahui penyebab turunnya performa sehingga didapatkan solusi terbaik.

3. Career Person
Pekerja tipe ini memiliki potensi yang cenderung rendah, namun performanya cukup tinggi. Bisa jadi dia memiliki ketekunan dalam menyelesaikan apa yang menjadi tugasnya. Oleh karena itu, salah satu hal yang bisa diberikan untuk tipe pekerja ini adalah tersedianya jenjang karir yang jelas.

4. Potential Candidate
Yang terakhir, pekerja yang memiliki potensi dan performa yang tinggi. Inilah pekerja yang dipastikan masuk ke dalam talent pool, yaitu sekumpulan orang yang dinilai memiliki potensi dan kompetensi tinggi. Kelak, pekerja tipe ini berada di jajaran top talent perusahaan.

Apa keuntungannya jika Ada bisa masuk jajaran top talent ini? Tentu saja bargaining position yang kuat.

Secara internal perusahaan, Anda akan ditawari paket salary dan benefit yang kompetitif karena perusahaan tidak ingin kehilangan top talentnya. Selain itu, challenging jobs dan fast track career path bisa dipastikan tersedia untuk Anda.

Secara eksternal, Anda akan diperebutkan oleh perusahaan lain yang melihat potensi dan kompetensi Anda. Terutama industri yang sedang tren dan membutuhkan SDM handal untuk memenangkan persaingan. Seperti tahun 90-an ketika industri pertelevisian sedang booming atau bagaimana industri telekomunikasi terjadi bajak membajak top leadernya tahun 2007 lalu. Dunia pertambangan pun tidak lepas dari fenomena ini. Jika diamati, yang memegang posisi strategis di perusahaan tambang berputar di orang itu-itu saja.

Bayangkan, di saat orang lain kesulitan mencari pekerjaan, Anda justru dikejar-kejar dengan paket yang menggiurkan.

Nah, pertanyaannya sekarang, berada di manakah posisi Anda saat ini?

Seringkali kita merasa memiliki potensi tinggi dan performa mumpuni di perusahaan. Namun menurut perusahaan sendiri, Anda belum layak masuk kategori potential candidate ini. Jika demikian, akan lebih bijak jika Anda menemui atasan atau bagian HRD tempat Anda bekerja untuk mendapatkan feedback. Namun perlu juga diingat bahwa selalu berlaku hukum piramida.

Bisa jadi potensi dan kompetensi Anda diakui oleh perusahaan, tapi ternyata masih ada outstanding employees sehingga Anda harus ‘disingkirkan’ dan tidak masuk barisan top talent.

Tentu perusahaan memiliki metode serta alat yang terstandarisasi dan objektif untuk menilai potensi dan kinerja pekerjanya.

Pada kesempatan lain, saya akan menulis tentang hal tersebut serta bagaimana caranya supaya kita menjadi peak performers di tempat kerja sehingga bisa masuk kategori potential candidate dengan masa depan cerah.

4 Tanggapan to “Termasuk jajaran top talentkah Anda?”

  1. Ketajaman Assesment : Kompetensi mutlak yang harus dimiliki sarjana psikologi « Sanggita Says:

    […] Mapping karyawan potensial yang nantinya diharapkan menjadi calon leader di level manajemen. […]

  2. dauz Says:

    Untuk domain POTENCY, apakah ini bisa berubah? kemudian apa kaitannya dengan kompetensi? Terima kasih atas jawabannya.

  3. deedee99 Says:

    Hi mbak,

    Saya mau tanya, kalo ini referensi lengkapnya darimana ya? Terimakasih

  4. igit kurniawan Says:

    saya dapet artikel ini dari teman, and saat diskusi ngalor ngidul, ada yang membayangkan posisi potensial candidate (PC) akan lebih bebas ( have a competitive bargaining power). Tapi saya katakan, jika kita bisa naik satu step lagi diatas PC, maka akan mendapatkan kebebasan absolut….(apalagi ini….:’).. I talk about Potensial businessman, and automaticcally thinking as PC too.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: