Pilih mana : wortel, telur, atau kopi?

carrot-eggcoffee-beans-cupPernahkah Anda mengikuti training dimana sang trainer/fasilitator meminta Anda memilih salah satu dari : wortel, telur, atau kopi?

Kemudian trainer/fasilitator mengilustrasikan ketiga benda tersebut dengan memasukkannya ke dalam air mendidih.

Apa yang terjadi?

Wortel yang sifat dasarnya keras dan kaku menjadi lembut dan mudah dikunyah. Telur yang awalnya fragile (mudah pecah), setelah direbus bagian dalamnya menjadi keras. Bubuk kopi yang dididihkan, walaupun tinggal ampas tapi mengubah air jernih menjadi hitam.

Bagaimana jika air mendidih diumpamakan sebagai masalah-masalah hidup yang dihadapi?

Wortel ibarat seseorang yang memulai suatu pekerjaan dengan semangat, kekuatan, dan ketegasan namun setelah menghadapi masalah, pada akhirnya keluar sebagai orang yang loyo, tidak bersemangat, dan putus asa.

Telur diibaratkan seseorang yang memulai sesuatu dengan hati yang baik dan bersih, namun karena masalah dan lingkungan sekitarnya, orang tersebut menjadi egois, keras, dan tidak peduli dengan orang lain lagi.

Bubuk kopi malah mengubah air jernih yang mendidih menjadi hitam. Diibaratkan seseorang yang mampu mengubah cara memandang masalah dan menanggulangi lingkungannya. Semakin panas airnya, semakin enak dan harum kopinya. Artinya, semakin berat permasalahan yang dihadapi, membuat orang tersebut semakin bijak.

Nah, Anda memilih yang mana?

*Kalo saya sih pilih semuanya deh. Telur dan wortel kan menyehatkan. Apalagi hanya dengan ditambah bawang putih dan garam, jadilah masakan orak-arik yang sangat digemari keluarga saya. Kopi, meskipun tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi terus menerus, membuat pagi saya lebih ceria dan kepala terasa “kemepyar” – kalo pinjem istilahnya bu Enny. Hehe, just kidding…

8 Tanggapan to “Pilih mana : wortel, telur, atau kopi?”

  1. edratna Says:

    Makan pagi yang paling bertahan sampai jam satu siang, roti tawar setangkep, telur 1 (bisa direbus atau didadar), dan segelas kopi (dulu sebelum maag), serta segelas susu coklat panas….hahaha…banyak banget ya. Saya kalau makan pagi kayak kuli.

    Soal bagaimana menghadapi masalah, orang sering menggambarkan dengan wortel, telur dan kopi. Tapi alm ibu selalu mendorongku….”Ibaratnya punya mimpi, ya harus dikejar, walau berdarah-darah…maju terus sampai kita putus nafasnya di tengah jalan.” Kata2 ibu ini yang memacuku jika patah semangat muncul….

  2. dina Says:

    wah kalau saya mah milih bubuk kopi aja mba🙂

  3. omiyan Says:

    kalo saya mah lebih memelih sebagai air…mengikuti kemana turunannya….tapi ingat jangan pernah membuat cabang karena….tujuan yang dah dibuat dari awal bisa bisa tercapai dengan hanya sunggingan senyum…

    (hhmm perasaan ga nyambung deh) heheheh

  4. bob Says:

    Diibaratkan seseorang yang mampu mengubah cara memandang masalah dan menanggulangi lingkungannya. Semakin panas airnya, semakin enak dan harum kopinya. Artinya, semakin berat permasalahan yang dihadapi, membuat orang tersebut semakin bijak.

    kok pandangan saya agak berbeda ya..
    1. wortel ibarat orang yang jadi loyo
    2. telur ibarat orang yang jadi keras kepala dan egois
    3. kopi ibarat orang yang selalu memperkeruh suasana yang jernih.. semakin mendidih.. semakin cepet keruhnya.. hehehehehe🙂

  5. Haryo Says:

    Mbak Sanggita,

    Dibanding wortel, telur atau kopi, saya kok lebih suka sarapan nasi goreng + telur dadar + teh manis panas… lho kok nggak nyambung ya??? :p

    Mbak, ngomong-ngomong saya sedang cari staf industrial relations nih, kira-kira bisa bantu saya nggak ya?

  6. iprit Says:

    wedang Kopi mantab mabak saya itu kalau dah minum kopi jadi nggak ngantuk tambah kemepyar . . .

    salam Hangat nona kalau sudah minum kopi ! ! ! salam kenal mbak

  7. ciwir Says:

    kalo saya pilih kopi susu campur telor plus madu tambah jahe… hehehe…
    btw, kapan mudik?

  8. Sisranau Says:

    Kopi,telur,wortel, semua pny klbihn dn kkrngn. Kl d hbngkn dg mslh, gnkn klbihan msg2 utk mnylsaikn mslhny, jgn d pilih ke3ny dg melhat klemahanny, ap pun yg d pilih dr ke3ny hrs bs menarik KELEBIHAN dr msg2..

    Itu pendapat gue lho..

    Tp mendingan jadi PRESIDEN dech,
    Bisa mengubah2 kebijakannya.
    Kadang naek BBM kadang turun, tp ntar Naek lg tuch.

    Jadi, apapun yg d pilih, dg alasan apapun utk memilihnya, semuany brmuara pd bgmn kt mmprtanggung jwbkn pilihan kt..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: