Seni berkomunikasi efektif ala Semba Biawan

Saya dan Pak Semba Biawan

Saya dan Pak Semba Biawan

Setelah 3 hari para peserta meeting disuapi dengan angka-angka dan kebijakan-kebijakan baru HRGA, Kamis kemarin hingga hari ini, mereka mendapat perbaikan gizi.

Apalagi kalo bukan pelatihan tentang Coaching and Counseling Skill yang dibawakan oleh Pak Semba Biawan, Mantan National Learning and Development Manager di Coca Cola Amatil Indonesia.

Disampaikan secara lugas dan tegas – gaya khas kakek 3 cucu ini – materinya daging semua, padat berisi, karena merupakan formulasi pemahaman dan pengalaman beliau selama lebih dari 20 tahun berkutat di bidang manajemen sumber daya manusia.

Seharian kemarin, lebih banyak dipaparkan pengetahuan tentang coaching and counseling dan dimana kontribusi skill tersebut dalam siklus Performance Management.

Semua peserta diingatkan kembali, bahwa sebagai sebagai seorang leader, kemampuan melakukan coaching and counseling merupakan keterampilan mutlak yang harus dimiliki.

Demi peningkatan performa tim yang dipimpin sehingga sang leader bisa lebih banyak berpikir pada hal-hal strategik daripada terjebak dalam kerja-kerja rutin.

Dan inti dari hal tersebut – lagi lagi – adalah kemampuan melakukan komunikasi yang efektif. Bagaimana seni mendengarkan, bertanya, berbicara dan memberi umpan balik yang tepat. Hal yang biasa kita lakukan, tetapi jika memiliki people-skill seperti yang dipaparkan, dampaknya tentu akan lebih dahsyat.

Untuk sesi hari ini, lebih banyak dilakukan praktek melalui role-play. Namanya juga mengasah skill, tentu harapannya adalah setelah keluar dari pintu ruang training, para peserta langsung mau dan mampu mempraktekkan Coaching and Counseling Skill dengan tepat.

Pak Semba Biawan kini adalah Konsultan Senior di bidang pengembangan sumber daya manusia serta aktif memberikan pelatihan di beberapa perusahaan (in-house), pelatihan untuk umum (public training) serta menjadi pembicara pada seminar-seminar manajemen.

Saya sangat salut dengan kemampuan beliau mengelola energi. Di usianya yang ke-62, beliau masih aktif berbagi ilmu dan pengalamannya. Padahal bisa saja beliau memilih untuk bersantai-santai di kediamannya yang sejuk di Bandung, menikmati hasil jerih payah bersama istri tercinta .

Ketika saya tanya apa rahasianya, beliau dengan singkat menjawab, “Senang“. Sederhana tapi dalem ya? Tentu satu kata tersebut mewakili jutaan rasa dan puluhan tahun pengalaman dalam perjalanan karirnya. Hmmm, sumber hikmah memang dimana-mana.

7 Tanggapan to “Seni berkomunikasi efektif ala Semba Biawan”

  1. grubik Says:

    Bersenang senang yg bermutu emang menyehatkan ya mbak?
    Salut buat si abah ti bandung tea..

  2. ciwir Says:

    senang. memang kata yang mewakili segala aktivitas yang mungkin menjemukan..
    makanya saya senang bekerja sambil bertamasya… heheheh

  3. ciwir Says:

    oya, dan satu lagi saya senang karena Spiderman ternyata Sholat…
    gak percaya? liat aja sendiri.

  4. agoyyoga Says:

    Terkadang yang dilupakan leader adalah, ketika mereka memiliki subordinate, maka mereka wajib menyisihkan waktunya untuk melakukan kegiatan, mentoring, coaching, counseling, monitoring, dsb.

    Mungkin ya karena mereka terjebak pada rutinitas kerja harian, Yog. Jadi untuk mikir yang strategik ngga sempet, apalagi pengembangan karyawan. Mending langsung perintah aja, hasil kerjanya langsung kelihatan kan. Tapi memang secara jangka panjang malah ngga sehat.

  5. canggih Says:

    Sebagai seorang leader harus selalu menganggap rekan kerja sebagai investasi, bukan beban perusahaan. dimana investasi harus selalu dipupuk dan dimonitor.

    Weitts, adikku tambah pinter, euy…

  6. Nana Says:

    Halo bu, boleh tanya, kalau mau kontak Pak Semba Biawan kemana ya? bisakah dapat email atau nomor kontaknya? trimakasih..

  7. I Nengah Sentra Says:

    Semoga sukses dan sehat selalu buat Pak Semba Biawan. dari kawan lama I Nengah Sentra


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: