Daftar buku yang harus dibaca

tumpukan-bukuProlog dulu deh. Kemarin saya berencana posting blog setelah pulang kantor. Berhubung Senin pagi saya masih mengantuk sekali begitu sampai Jakarta. Dari Sukabumi jam 3.00 sampai Jakarta jam 5.30, sempat sholat Subuh di mushola karena naik mobil.

Sepulang kantor, saya buka e-mail, facebook dan YMan dengan beberapa teman sembari menunggu suami yang statusnya masih ‘away‘. Rencananya, selesai mengecek, saya mau posting.

Apa daya, notebook malah error bin hang. Duh, betapa deg-degan saya. Notebook bermasalah = kram otak, karena sebagian isi otak saya sudah pindah kesana, hehe.

Sampai hampir tengah malam saya utak-utik dia. Apapun yang terjadi, saya harus tetap posting karena jadwal mengatakan demikian. Kadangkala saya memang cukup obsesif dengan jadwal. Apa yang sudah terdaftar, harus di-centhang dari things to do list.

Nah, salah satu obsesi saya dari dunia centhang-mencenthang ini adalah  menyingkirkan beberapa daftar buku yang harus saya baca bulan ini. Sebagian adalah buku-buku yang nongkrong di list bulan Januari, tapi belum selesai juga bulan ini, hehe. Berikut daftarnya :

1. The 8 Habit

2. Change!

3. Re-code Your Change DNA

Status : Saya baru merasa butuh membaca buku tersebut sekarang. Makanya baru beli beberapa waktu lalu meskipun masa boomingnya sudah lewat.

4. Dua buku diktat tentang Job Evaluation

5. Talent Management Handbook : Creating Organizational Excellence by Identifying, Developing, and Promoting Your Best People  (Berger&Berger)

Status : Untuk buku no.4, sebenarnya sekedar untuk mensistematisasi cara berpikir saya terhadap proses yang saat ini dilakukan kantor. Buku no.5 juga membantu saya memahami lebih lanjut proses transformasi di perusahaan meskipun Talent Management ini di luar jobdesc saya.

Maklum, materi kuliah dulu menguap entah kemana, tak sedikit pun yang tersisa di ingatan saya. Yang nyantol malah kuliah filsafat, fenomenologi, psikologi gender, dan ilmu sosial lain, hehe.

6. Koleksi Games Seru untuk Ice breaker, Teamwork, Leadership, Creativitiy and High Ropes (2008, Lengkong dan Respati). Ternyata ada blognya lho. Alamatnya di right-sidebar blog ini.

7. Perception Games untuk Pelatihan Manajemen oleh Adi Soenarno (2007)

8. Ice Breaking Games untuk Pelatihan Manajemen oleh Adi Soenarno (2007)

Status : Ketiga buku ini juga sekedar menambah referensi permainan saja jika sesekali dibutuhkan untuk membantu divisi Learning and Development bagian training meskipun di luar jobdesc saya. Menurut pendapat saya, training juga salah satu kompetensi mutlak lulusan psikologi.

9. Freakonomics : Ekonom nyleneh membongkar sisi tersembunyi segala hal (2005)

Status : Buku ini sudah nangkring lama di rak buku suami saya. Baru mulai penasaran saat membaca posting Mas Yodhia Antariksa dengan judul menggoda : Kisah Aborsi dan Matinya Para Calon Preman. Penasaran juga kan? Ternyata bukunya memang seru sekali!

10. Bunga Rampai Kasus Gangguan Psikoseksual oleh Dr. Sawitri Sapardi Sadarjoen, psi (2005)

Status : Proses membelinya cukup kompulsif, di luar daftar belanja buku. Saya penasaran bagaimana seorang psikolog dengan pengalaman konseling puluhan tahun meramukannya dalam buku. Karena saya cukup jarang membaca buku populer yang ditulis psikolog dengan gaya penulisan sederhana namun tetap bernuansa akademis. Psikolog senior ini memang sangat produktif menulis.

Bukunya sangat Freudian. Sebagaimana judulnya, pusat pembahasan ada di seputar gangguan seksual, mulai dari impotensia-frigiditas, homoseksualitas, permasalahan dalam koitus, dan penyimpangan-penyimpangan seksual (pedophilia, incest, hiperseksualitas).

11. Ketika Ibu Harus Memilih : Pandangan Baru tentang Peran Ganda Wanita Bekerja (1998, Susan Chira)

Status : Buku ini sepertinya akan menjadi kandidat pertama yang disingkirkan dari things to read. Saya temukan saat jalan-jalan bersama suami, Wima, dan Willa di Sukabumi. Ritual yang pasti dilakukan adalah menengok toko buku, entah beli atau tidak. Ternyata ada diskon buku 50% saat itu. Langsung deh bongkar tumpukan buku-bukunya dengan gila semangat hingga didapatlah buku inspiring ini. Sampai lupa kalau di tangan kiri sedang menggendong Willa, hehe.

Meskipun sudah menangkap esensi buku-buku tersebut dengan menggunakan metode speed and summary reading seperti yang saya sajikan bulan lalu, yaitu dengan memeras saripatinya dan men-skip kalimat-kalimat yang nice to know namun kadangkala yang nice to know itu-lah yang membuat buku terasa renyah.

Saya pasti tulis pengalaman baca tersebut di blog ini. Seperti bulan lalu, satu minggu satu buku saja ya. Tidak bisa sekali tulis draft langsung posting soalnya. Musti ditimbang-timbang dan direnung-renungkan lebih lama.

Well, buku apa yang sedang Anda baca saat ini?

6 Tanggapan to “Daftar buku yang harus dibaca”

  1. Prasetya Yudha Says:

    wew..banyak sekali bukunya..trus bukunya berat-berat lagi kategorinya..hmm..harus mengerutkan dahi tuh mbacanya mbak..hehehehehe…..saya paling satu bulan baru satu buku yang saya baca..hahahahaha…

    “…mengerutkan dahi tuh mbacanya mbak…” Ndak perlu berkerut2lah . Takut jadi keriput, Mas.

  2. agoyyoga Says:

    Dari list di atas, saya punya no 1-3 dan 9. Tinggal buku no. 1 yang belum tersentuh, baru dibaca daftar isinya.😀
    Sekarang lagi baca buku-buku sastra malah.

    Tipping point untuk 8th Habit kan jelas ya, Yog. Bukankah kamu juga udah memulainya? Temukan suara panggilan jiwa Anda dan ilhami orang lain untuk menemukan suara jiwa mereka. Hmm, great quote, isn’t it? Pengalaman baca sastranya dibagi ya, say…Buku apa aja tuh? Share dunk.

  3. utaminingtyazzzz Says:

    Menarik. Buku-buku yang mbak baca bisa jadi masukan buatku. Tapi sama kayak mbak, di rumahku juga numpuk beberapa yang belum kubaca

    1. Membongkar Kegagalan CIA dari Tim Weiner. Seru!
    2. Bencana Finansial.. hmm… belajar teori ekonomi lagi, refresh pelajaran SMA :p
    3. International Economic by Thomas Pugel
    4. Cryptography and Network Security by William Stallings

    hmm… suka lapar mata kalo liat buku 😦

    Whew, buku yang no.1 dan 4 tuh kayaknya asik. Thank you, Say untuk referensinya…

  4. danisharun Says:

    Assalaamu’alaykum
    Mbak kalau sifat : suka lihat buku, berusaha “mengumpulkan”, kalau punya duwit lebih ya beli, kalau engga ya pinjam, sampai numpuk di meja…Ditambah lagi, kalau lihat artikel menarik di internet, dicopy terus dikumpulin sampai buanyak, rasanya sayang kalau tidak disimpan/dikoleksi… Tapi semuanya itu jarang dibuka atau dibaca…namanya kelainan atau sifat apa Mbak? Bisa diperbaiki tidak….

    hmm, mungkin ada masalah di masa perkembangan psikoseksual di fase anal, Pak😀

    Ah, itu sih bukan kelainan maupun sifat yang nganeh2i kok. Kalo nyaman dengan menimbun bacaan gitu, ya monggo saja. Semoga bisa jadi warisan berharga ya, Pak.

  5. Norma Says:

    Mbak, udah slese kan baca buku ini,,, Ketika Ibu Harus Memilih : Pandangan Baru tentang Peran Ganda Wanita Bekerja (1998, Susan Chira). sebenarnya aku suka bgt denganpandangan baru yang didapat dari buku, tapi kalo harus membacanya, jadi agak berat. gimana kalo mb, tulis essensi dari buku itu aja. kutunggu ya mb….

    Sepertinya buku Chira ini juga sudah ngga cetak ulang, Ma. Insyaallah di-share kok. Dengan catatan tulisannya sudah layak publish, hehe.

  6. Yodhia @ Blog Strategi + Manajemen Says:

    Freakonomics; sebuah buku yang luar biasa memikat.

    Talent Management Handbook….kok saya melihat isinya kurang bagus ya…keren di judul namun sayang isinya kurang tajam dan menggigit.

    Change dan Recode Change DNA….oke…

    Itu dia, saya jadi nguplek2 buku suami karena dikompori resensi Freakonomics di blog Mas Yodh. Hehe, Talent Management Handbook-nya saya masukkan laci sedari lama, dan belum kebuka2 lagi…


Tinggalkan Balasan

