Awal saya mengenal blog

writingAwal saya mengenal blog adalah saat saya mencari informasi tentang dunia kerja. Selama itu, saya hanya mengenal situs-situs resmi dari perusahaan. Dengan gaya kaku dan jauh dengan pembacanya.

Terus terang, saya sempat memandang sebelah mata ketika tanpa sengaja search-engine nyasar ke blog.

Situs macam apa nih kok isinya curhat kayak gini? Ngga malu apa ya kok sepertinya take your life online gitu?, batin saya waktu itu.

Lama-lama persepsi saya bergeser ketika menemukan blog Anjar Priandoyo dan Pak Roni Yuzirman. Wawasan saya diperluas dengan membaca tulisan-tulisan mereka.

Diskusi dalam blog mas Anjar sangat membantu saya saat proses wawancara kerja. Dengan wacana yang tidak hanya terpatok pada ilmu psikologi, saya jadi nyambung untuk diajak diskusi tentang apapun di industri apapun.

Demikian juga tulisan Pak Roni Yuzirman yang sarat dengan hikmah. Setiap saya lowbat, dengan membaca tulisan beliau, saya jadi bersemangat lagi. Tulisan-tulisan beliau selalu positif, menggugah, dan gilang-gemilang *istilah favorit almarhum Pram ketika memuji orang. Tidak heran jika Komunitas Tangan Di Atas bisa sebesar sekarang.

Dari dua blog luar biasa tersebut, seperti efek bola salju, semakin banyak blog bermutu yang saya baca. Blog yang menambah ilmu hingga blog yang menginspirasi untuk berubah.

Awalnya saya selalu menjadi silent reader sambil mengamati bagaimana menulis blog secara konsisten, bagaimana mengelola blog, bagaimana supaya blog ada pembacanya, dan seterusnya. Hingga akhirnya berani menampakkan diri dengan turut meninggalkan jejak komentar.

Baru di bulan Januari 2008 kemarin, saya memberanikan diri untuk launch tulisan pertama saya. Meskipun terhenti di bulan Maret hingga Juli karena emotional break down *hehehe*.

Dari pembaca yang hanya 30-40 sehari hingga sekarang masuk ke angka yang saya sendiri tak menyangka sedemikian banyaknya. Dari zero comment hingga – sesekali – masuk ke Blog of the Day.

Blog ini pun terus berevolusi mencari bentuknya.

Dan blog ini adalah tribute bagi mereka berdua.

6 Tanggapan to “Awal saya mengenal blog”

  1. joe Says:

    semula saya hanya iseng saja, sekarang malah jadi kecanduan …

    Sama, Mas. Udah mulai candu nih. Gejala yang tidak sehat.

  2. edratna Says:

    Selamat ya…dan akhirnya terus menulis….

    Blog bu Enny juga yang menjadi sumber inspirasi saya.

  3. Norma Says:

    Salut mb,.. waktu Mb bilang lagi nulis, aku nanya nulis apaan, aku langsung buka blog mb. Ternyata bagus bgt, mb emang bakat banget untuk nulis, sampai saya promosikan blog mb ke teman2 kantor dan mereka pun mengiyakan. Smangat terus mb, jujur kamu adalah sosok yang bisa memotivasi aku, walaupun sudah ada suami dan anak yang perlu diperhatikan, masih tetap bisa membuat prestasi lebih dari yang lain. Saluuuuuuut……….

    Makasih, Ma untuk apresiasinya. Asal jangan nge-blog pas jam kantor ya. Focus-distraction. Ntar malah target kerjanya ngga tercapai lagi, hehe

  4. nh18 Says:

    Hmm ..
    awal saya kenal Blog ?
    Desember 2007 ..
    Kenalnya ndak sengaja …
    Iseng … nulis-nulis … kkok enak … akhirnya keterusan sampe sekarang …

    Salam saya

    Beuh, kenalnya ndak sengaja, Pak? Kayak kenalan sama cewek aja, hehe. Tulisan2 Bapak asik banget, mengalir, berasa ngobrol aja sama Bapak. Keep posting ya, Pak. Salam saya juga *ikut2an ah*

  5. Bundanya Dita Says:

    Dan jejak komentar yang ditinggalkan Mbak Sanggita di blognya Pak Anjar menyeret saya ke blog nya mbak Sanggita dan menjadi pembaca setia blog ini🙂 .Kalau saya dulu buat blog “hanya” sekedar menjadi diary buat anak dan penyemangat kerja (kalau pas lowbat atau kangen anak di saat kerja trus ngelihatin blog anak kok bisa recharging energi shg jadi fresh & semangat lagi). Jadi dulu gak mikir, gimana supaya ada yang baca dst. Ternyata kalau ada yang baca dan meninggalkan komentar di blog kita, senang juga ya😉 . Dan sekaligus jadi support untuk konsisten menulis.

    Pembaca setia? Wuiihh *ngledhak* Tulisan Mbak Ririn juga asik banget lho. Sering jadi rujukan dan referensi saya karena keterbatasan waktu untuk browsing2, lah kok Mbak ngasih link bermanfaat. Makasih ya, Bun untuk sharingnya selama ini.

  6. Yodhia @ Blog Strategi + Manajemen Says:

    […semakin banyak blog bermutu yang saya baca…] Mudah-mudahan blog Strategi + Manajemen merupakan salah satunya…..:):)

    Betulll! Bahkan sekalinya nyantol ke blog Mas Yodhia, langsung saya baca semua tulisannya sejak awal mula. Blog yang mencerahkan! Sharing ilmu yang luar biasa, Mas.


Tinggalkan Balasan

