Sekilas tentang NLP, Hipnosis, dan Unconscious Blitz Reading

ubrAda yang menarik dalam salah satu e-mail di milis Psikogama yang saya baca beberapa hari yang lalu. Pak Ronny FR yang sering saya sebutkan namanya di blog ini, membagikan e-book yang ia susun, secara gratis. Kali ini tentang  Unconscious Blitz Reading (UBR).

Hmm, sosok ini memang luar biasa produktif dan murah hati,” batin saya.

Basis ilmu yang digunakan dalam metode UBR ini adalah NLP dan Hipnosis.

1. Tentang NLP

NLP adalah kependekan dari Neuro Linguistik Programming. Teknik NLP ini dikembangkan oleh seorang ahli Matematika/Computer Programming (Dr. Richard Bandler) dan seorang Profesor Linguistik (Dr. John Grinder)

Sepemahaman saya, konsep ini berarti bagaimana memprogram atau memodifikasi sistem syaraf dengan menggunakan bahasa yang tepat untuk meningkatkan kemampuan dalam mengubah, mengadopsi, atau pun menghapus perilaku sesuai keinginan serta meningkatkan kemampuan untuk memilih sendiri kondisi mental, emosional, dan fisik.

Ibaratnya begini, saat kita mengoperasikan komputer, biasanya menggunakan buku manual kan. Misalnya, buku manual office, corel draw, photoshop, dll. Nah, NLP adalah manual program otak kita.

Metafora program ini menjadi menarik  karena sebuah program tentu dapat di-instal, di-uninstal, di-recode, dan di-reinstal. Berbagai perilaku, kemampuan, keyakinan, dan nilai-nilai yang kita miliki bisa diubah sesuai dengan manfaat yang diberikannya.

Ketika, misalnya, sebuah keyakinan sudah kadaluarsa, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tetap mempertahankannya.

Dan ketika kita membutuhkan kemampuan baru, maka tidak ada alasan untuk tidak segera menginstal kemampuan yang baru. Dan seterusnya.

Maka mempelajari NLP akan membuat kita sadar mengapa kita menjadi seperti sekarang dan bagaimana supaya bisa menjadi seperti yang kita inginkan.

Telusurilah kata-kata yang pernah di-instal ke dalam pikiran-perasaan Anda dan dengan mudah ia akan membukakan fakta blueprint dari model dunia Anda saat ini.

Sehingga menjadi lebih mudah bagi Anda – dan saya – untuk menjadi tuan bagi diri sendiri, yakni dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan respon yang kita inginkan.  Maka berhati-hatilah dalam berkata-kata, sebab ia akan menjadi program dalam pikiran-perasaan Anda.

2. Tentang Hipnosis

Pikiran kita seperti gunung es. Yang muncul di permukaan adalah pikiran sadar. Padahal yang jauh lebih besar adalah yang di bawah permukaan.

Pikiran kita seperti gunung es. Yang muncul di permukaan adalah pikiran sadar. Padahal yang jauh lebih besar adalah yang di bawah permukaan.

Jika diruntut ke dalam mainstream psikologi, metode hipnosis dikembangkan berdasarkan pemahaman bahwa pikiran manusia terdiri dari 2 fungsi, yaitu pikiran sadar (conscious) dan pikiran bawah sadar (unconscious).

Ini untuk penyederhanaan saja karena menurut Sigmund Freud – pendiri psikoanalisis-  sistem fungsi pikiran sebenarnya ada 3, yaitu conscious, sub-conscious dan unconscious.

Kondisi hipnosis adalah saat kita berada pada kondisi mirip tidur dengan gelombang otak theta (saya akan memperdalam tulisan tentang gelombang otak ini di kesempatan lain).*PR-nya banyak ya. Request Bundanya Dita dan Nurma saja belum terpenuhi, hehe

Dalam kondisi hipnosis/trance tersebut, kita menjadi sangat sugestif/mudah dipengaruhi. Karena pikiran sadar yang bertugas memfilter informasi, menganalisis, dll diturunkan peranannya.

Digantikan pikiran bawah sadar yang biasanya bertugas menyimpan memori, program dan pola perilaku, serta mengatur berbagai fungsi organ tubuh.

Sadarkah Anda bahwa setiap hari kita masuk dan keluar kondisi hipnosis/trance ini berkali-kali? Hanya levelnya saja yang ringan.

Misalnya saat terhanyut menonton tv (jadi pandai-pandailah memilih program acara), membaca buku, mendengarkan musik, hingga saat bersama sang pujaan hati.

Saat ini hipnosis sudah ilmiah dan modern. Diteliti dan dikembangkan mengunakan metodologi yang sangat teruji. Diakui keberadaannya oleh berbagai lembaga internasional, termasuk lembaga medis.

3. Tentang Unconsious Blitz Reading

Bagaimana jika langsung saja ke sumbernya? Saya yakin Anda pasti sudah tidak sabar untuk download. Silahkan klik di sini : http://belajarnlp.com. Download sekarang juga karena kebijakan atas fasilitas download gratis ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Note :

– Artikel-artikel tentang NLP for dummies bisa Anda dapatkan di http://portalnlp.com. Bagi ibu-ibu pembaca setia blog ini, di portal tersebut juga disediakan teknik NLP untuk parenting.

– Dear Agoyyoga, pesananmu via komen di threadMengatasi Dilema Membaca Sebanyak-banyaknya dalam Waktu Sesingkat-singkatnya” sudah terpenuhi ya. Pelajari dulu konsep UBR ini, Insyaallah mempraktekkannya tidak perlu latihan.

13 Tanggapan to “Sekilas tentang NLP, Hipnosis, dan Unconscious Blitz Reading”

  1. abdee Says:

    hipnosis opo hipnotis sih?

    Bahasa awamnya hipnotis. Tapi para praktisi biasanya menggunakan istilah hipnosis.

  2. Bundanya Dita Says:

    Istilah NLP ini memang tidak asing bagi saya. Setidaknya saya tahu kependekan dari apa😀 . Tapi belum pernah memahami secara detil. Setelah membaca tulisan mbak Sanggita di atas, jadi semangat untuk mempelajarinya. Apalagi diiming-imingi ada teknik NLP untuk parenting. Saya langsung klik link nya dan sempat baca 1 artikel. *mbak Sanggita ini bisa aja membidik segmen😉 *. Thanks banget mbak.

    Btw, soal PR. Wah…jadi terharu pertanyaan saya dianggap PR. Nyantai aja mbak, tapi tetap ditunggu realisasinya ya😉 . Kan ini juga membantu tercapainya realisasi resolusi mbak di th 2009 ini untuk memposting 3 tulisan/hari. Setidaknya terbantu tidak mikir lagi 1 tema tulisan. Ya nggak?😀

    Tentang aplikasi NLP untuk parenting, saya sendiri merasakan manfaatnya, Bun. Insyaallah tulisannya segera turun. Yang jelas, Wima jauh lebih nurut sama saya daripada ke siapapun. Salah satunya adalah menggunakan teknik pacing-leading. Apakah itu? Hehe, tunggu aja yak

    Kayaknya bukan 3 tulisan/hari deh. Ngos-ngosan atuh. 30 tulisan per bulan, Bun. Berarti sehari cukup satu saja😉

  3. agoyyoga Says:

    Mbak Gita dear,
    Makasih banyak atas entry ini. Sebetulnya saya tak asing dengan Pak Rony, karena dulu ketika bertanya pada kolega saya tentang speed reading, beliau langsung menunjukkan situs milik sahabatnya yang tak lain adalah situs milik Pak Rony. Sehingga dulu, kerap berkorespondensi dengan beliau mengenai blitz reading khususnya –tapi saya pakai nama lain😉. Tapi kalau pakai embel-embel Unconscious saya belum tahu. Dulu seingat saya yang dijelaskan BR untuk conscious dan subconscious. Ketahuan, nggak pernah main ke Rony Fr lagi.

    Mbak Gita, sarannya akan saya ikuti. Sekali lagi terima kasih banyak karena sudah merepotkan😀

    Nggak merepotkan kok, Yog. Rasanya turut senang karena bisa share hal bermanfaat di sini. Pastilah orang hobi baca seperti Yoga sangat butuh metode UBR ini.

  4. agoyyoga Says:

    Iya mbak, aku butuh banget. Jadi senang bisa up date.🙂

    Sip. Udah dipraktekkin kan?

  5. Norma Says:

    NLP dan hipnosis aku sudah denger di awal aku kerja di tempat kerjaku sekarang. kebetulan,aku adalah orang yang gampang masuk ke kondisi trance dan sangat gampang tersugesti, dan paling sering jadi sasaran empuk atasan untuk mempraktekan kelihaiannya dalam menghipnosis orang. Dia bilang, masa kecilku tidak banyak kebingungan(orang tuaku selalu mengungkapkan tanpa membuataku bingung memikirkan maksudnya). katanya orang seperti aku, gampang kalau mau sukses. tinggal menuliskan keinginan di selembar kertas dan membacanya berulang-ulang sebelum tidur dalam beberapa hari dan menyimpan kertas itu.
    ada beberapa referensi buku tentang kaya’ gituan, lebih banyak ditulis oleh Adi W. Gunawan, dan ada yang lebih fokus ke parenting (Hipnoparenting :Ariesandi Setyono).
    cuma walaupun aku yang mengurusi penjualan buku2 tersebut dikantor, aku belum pernah menamatkannya,hehehe

    Saya sepakat dengan atasanmu, Ma. Kenapa ngga konsisten dilakukan? Thx untuk tambahan referensinya ya. Sengaja tidak mencantumkan karena saya belum banyak membaca buku-buku Adi W Gunawan.

    Padahal salah satu resolusi tahun ini adalah mengambil sertifikasi hipnoterapis😀 *kebanyakan cita-cita nih

  6. Bundanya Dita Says:

    Kalau soal tulisan mengenai anak, saya pasti tunggu dengan sabar. Apalagi tulisannya memberi pencerahan supaya anak nurut sama kita hehehe.

  7. edratna Says:

    Hipnosis….
    Pada saat anak tidur kita bisa bicara dengan anak, apa yang diharapkan ibu. Sebagai seorang ibu yang anaknya diduga indigo, maka saya dianjurkan banyak diskusi justru saat anak tidur, dan juga mendekatkan diri pada Allah swt. Dan ternyata ini efektif sekali, hal yang tak mudah didiskusikan saat anak melek, malah bisa diomongkan saat dia tidur…..andai tak pernah mencoba, saya mungkin tak percaya.

  8. hmcahyo Says:

    saya dah kenal NLP sejak tahun 1999.. tapi pelatihannya mahal2 jadi belum pernah ikut🙂 trus saya juga punya kumpulan ebook NLP karya grinder+blander mulai princess to frog (buku NLP pertama kali), strategi of Genius yang berseri2 itu, NLP new technologi for acchievement nya stve andreas dll sampe yang terbaruru… filenya satu DVD penuh .. kalo di print bisa ribuan halaman🙂

    mau?

  9. Pak Dhe Wicak Says:

    Kalo selama ini saya ngikutin forumnya quantumikhlas.com
    belajar dari situ agar hati ini adem
    😀

  10. syifa Says:

    saya sangat tertarik dengan NLP ini karena saya adalah seorang mahasiswa jurusan Linguistik di UI.
    saya ingin menjadikan ini sebagai topik penelitians aya, NLP para motivator, misalnya Mario Teguh.
    sekarang saya sedang mencari pola2 hipnosis yang bisa saya kaji dalam bidang linguistik ini. mohon bantuannya mba..
    terima kasih…

  11. Dahrun Marada Says:

    Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Soal hypnosis saya udah mempelajarinya, tapi soal NLP saya mencari artikel yang medetail tentang cara mempelajarinya. Bisa di berikan referensi dimana saya mendapatkannya???
    Terima kasih sebelumnya

  12. Ridwan Akbar Says:

    Mbak, saya udah berulang kali mempraktekkan UBR, tp hasilnya ttp aja nihil !!! Mngkin Allah blum brkhndak atas itu.
    Emang mbak udah pernah berhasil sblmnya dalam mempraktekkan UBR? Hayo ngaku !!!

  13. seli_usel Says:

    . makasih kak atas infonya..

    . infonya menambah saya illmu persejaran ..
    . dan bermanfaat


Tinggalkan Balasan

