Tertib Berbahasa Indonesia ala Polisi EYD

Di kantor, saya termasuk yang paling bawel dalam mengoreksi tulisan teman-teman. Entah itu proposal, powerpoint presentasi, hingga e-mail. Kesalahan satu huruf saja, saya pasti protes. Mungkin tidak penting bagi orang lain, tapi kok ya sangat mengganggu penglihatan ini ya.

Silahkan cek tugas akhir saya, dijamin Anda tidak akan menemukan kesalahan eja dan bahasa satu pun! Tambah klop karena dosen pembimbing skripsi saya juga ketat memberlakukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Sayangnya, saya sering menggunakan sense saja dalam melakukan koreksi, yaitu ilmu ingat-ingat lupa yang saya dapatkan saat SMA dulu. Yap, guru bahasa Indonesia saya juga cukup strict dan peka dalam kaidah penggunaan bahasa Indonesia ini.

Semoga beliau tidak membaca blog ini ya, pasti tersinggung sekali karena bahasa Indonesianya telah diperkosa sedemikian rupa ;))

Nah, sekarang ini kantor sedang istirahat siang. Dan kebetulan sekali, akses ke server domain sedang ada maintenance. Padahal, pekerjaan saya di sana semua. *tertawa-licik*

Kelonggaran saya ini tentu saja tidak saya lewatkan : browsing membabi buta! *Tapi tetap saja, saya memilih untuk meng-off-kan facebook dan Y!M, hehe…nggaya tenan.

Betapa kaget sekaligus berbahagianya saya ketika menemukan situs ini : Uhuy! Ternyata ada Kamus Besar Bahasa Indonesia online loh. Ya Alloh, kemana saja saya selama ini…*Owh, over dosis facebook kali ya😀

Situs kedua adalah blog milik sang Polisi EYD. Sebagaimana namanya, blog tersebut bertugas sebagai penertib agar para penulis situs berbahasa Indonesia menjadi lebih teliti menggunakan bahasanya.

Namun sayang, sejak dia mengumumkan kepindahannya ke dot or dot id, rumah barunya itu tak ada. Malah tertulis : page can not be displayed. Duh kemana ya sang polisi ini? Tulisan terakhir pada rumah lamanya tertanggal 23 Februari 2006. Sayang sekali tidak ada update lagi.

Nah, jika Anda aktif berbahasa Indonesia, apalagi menulis, dua alamat tersebut wajib menjadi rujukan utama untuk mengoreksi penggunaan bahasa Anda. Sebelum Anda tertangkap sang polisi atas tuduhan sebagai pemerkosa bahasa nasional kita! Hiii..

*Malu saya, tulisan mengenai tertib berbahasa ini malah melanggar kaidah bahasa tulis itu sendiri. Hehe, cek deh. Karena saya lebih sering menggunakan bahasa lisan yang dituliskan. Kayak verbatim gitu deh.

6 Tanggapan to “Tertib Berbahasa Indonesia ala Polisi EYD”

  1. hmcahyo Says:

    hmmm saya , kalo nggak untuk ikut lomba artikel…ya bebas aja kalo nulisnya:mrgreen:

  2. Bundanya Dita Says:

    Kalau baca tulisan di blog yang terlalu nge-pop dan gaul, kadang2 ikut pusing juga. Tapi kalau pandai merangkai, bisa jadi malah kocak. Seru bacanya😀

    Nah, kalau untuk proposal, presentasi apalagi skripsi saya sepakat memang harus taat EYD🙂 . Kalau email, ya tergantung isi email. Kalau email “serius” ya setidaknya gak boleh jauh2 dari si EYD. Kalau email “santai” misal ke temen ya, gitu deh, acak kadul😉 . Intinya fleksibel lah….

  3. Ekonikoe AN Says:

    Kalau saya masih dalam tahap asal bisa nulis ya alhamdulillah. Mikirin soal berbahasa Indonesia yang baik dan benar (ini memang baik dan benar), malah bikin otak ngeblank.

  4. hmcahyo Says:

    iya… dayyan emang kayaknya auditori modalitas belajarnya🙂 soalnya kalo ada dia main game… ada saudaranya berisik saja pasti marah:mrgreen:

    *lho komennya kok disini*:mrgreen: gak nyambung😀

  5. Hafid Algristian Says:

    oo…!
    begitu, ya…
    saya juga termasuk pendukung penggunaan EYD secara ketat ketika menulis apapun dalam b.indonesia. mbuh, berjalan begitu saja, tapi komen temen saya slalu: “aku kalo nulis ngga pernah kaya punyamu gitu. formal. ih, ngebosenin.”
    wakakak…

  6. Hafid Algristian Says:

    mba, saya link di blog saya, yah…😀
    terimakasih


Tinggalkan Balasan

